Mengenal Lee Jong Suk : Meniti Karir Sejak Remaja


Di masa kecilnya, didikan keras sang ayah mengharuskan Lee Jong Suk belajar Takewondo sejak usia enam tahun, di samping belajar piano, catur, dan juga menggambar. Bahkan meski sempat mengalami cedera ligament, sang ayah tetap mengharuskan Lee Jong kembali menekuni taekwondo hingga membuatnya berhasil mendapatkan sabuk hitam.

Memiliki tinggi 185 cm dan berat 64 Kg, aktor yang lahir pada 14 September 1989 memulai debut karirnya sebagai model dalam acara fashion show Seoul Collection pada 2005. Lee Jong kemudian berhasil memasuki dunia akting lewat film pendek berjudul Shympati pada tahun yang sama.

Pada wawancaranya di acara Entertainment Weekly, Lee Jong Suk mengatakan bahwa niat awalnya bergabung dalam agensi adalah untuk menjadi seorang aktor, namun pihak agensi justru memintanya untuk menjadi seorang model. Lee Jong dengan jujur mengaku mengidolakan aktor Rain sejak menyaksikannya dalam drama Full House. Lee Jong juga mengatakan bahwa menurutnya menjadi penyanyi sekaligus aktor adalah sesuatu yang sangat keren. Ia bahkan sempat menjalani training di sebuah agensi yang mengasahnya untuk menjadi seorang anggota boyband (idol). Namun pada akhirnya ia keluar setelah pelatihan selama tiga bulan karena menyadari bahwa bukan hal itu yang ia inginkan.



Perjalanan karir Lee Jong pada tahun 2010 kemudian membawanya mendapatkan peran dalam film Ghost, dan dua drama romantis berjudul Princess Prosecutor dan Secret Garden yang makin melejitkan namanya. Jerih payah Lee Jong pada dunia akting akhirnya mendapat perhatian berkat perannya dalam drama berjudul School 2013 bersama aktor Kim Woo Bin yang membuatnya berhasil meraih penghargaan sebagai Aktor Pendatang Baru Terbaik pada acara tahunan KBS Drama Award.

Beberapa bulan setelah perannya dalam School 2013, Lee Jung kembali menghias layar kaca lewat drama berjudul I Can Hear Your Voice yang membuatnya memborong sembilan penghargaan dari berbagai kategori berbeda. Deretan prestasi Lee Jong tersebut akhirnya juga meluluhkan hati sang ayah yang sempat tak merestui pilihan hidup putra sulungnya untuk terjun ke dunia entertainment. Bermain dalam 8 judul film, 15 drama, dan mendapatkan total 27 penghargaan, bahkan membuat sang ayah dengan bangga memasang foto Lee Jong di ruang kantornya.

Karena kemampuan aktingnya yang sangat baik dan bisa membuat penonton seolah masuk dalam karakter yang ia bawakan, Lee Jong yang bersahabat dengan Kim Woo Bin dan Jung Ha In ini, dikenal sebagai raja dari drama genre fantasi. Maka tak mengherankan jika ia juga berhasil masuk dalam jajaran aktor dengan bayaran termahal, dimana ia mendapatkan gaji sebesar 60 juta won yakni setara dengan 600 juta rupiah untuk setiap episodenya.


Namun meski telah menjadi aktor dengan banyak drama dan film yang meraih kesuksesan, Lee Jong masih menjadi seorang pria introvert yang pemalu. Dia mengaku sulit berinteraksi dengan banyak orang hingga merasa tidak terlalu memiliki banyak teman. Ia juga masih sering merasa gugup jika harus tampil di hadapan dengan orang banyak. Tapi uniknya, sikap gugup tersebut ternyata bisa diatasi dengan baik oleh Lee Jong dengan memusatkan pikirannya agar fokus pada kamera.

Bakat Lee Jong yang pernah mengalami masalah saat akan menggelar jumpa fans di Indonesia yang mengakibatkan dirinya di deportasi ini, makin bertambah saat ia menjadi brand ambassador Sekolah Pilot Global Aviation, yang memberinya ijin menerbangkan pesawat setelah mengikuti training selama 3 bulan.

Lee Jong juga tak seperti kebanyakan masyarakat Korea yang terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol seperti soju, dimana sang aktor ternyata lebih memilih untuk meminum scangkir kopi. Selain itu ia juga lebih suka berdiam diri di rumah agar tak menjadi pusat perhatian. Namun begitu dia juga menjadi aktor termuda yang memenangkan “Best Actor Award” pada penghargaan Grimae Awards, dan “Korean Popular Culture & Arts Award” di Prime Minister Awards pada 2015.

Profil Lee Jong Suk

Nama lahir: Lee Jong-suk (이종석)
Tempat lahir: Suwon, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan
Tanggal lahir: 14 September 1989
Agensi: A-Man Project
Debut: 2005
Ahli profesi: Aktor Model
Tinggi: 186 cm
Berat: 64 kg
Golongan darah: A
Zodiak: Virgo (Perfeksionis dan teliti)
Instagram: @jongsuk0206
SNS (me2day): @with_jslee


Tidak ada komentar