URBAN MYTHS : KISAH MENCEKAM DARI SEOUL


SINOPSIS

Soo Jin terlihat begitu sedih di pemakaman salah seorang sahabatnya, terlebih ketika ia mendengar tentang penyebab kematian sang sahabat akibat melompat dari lantai atas apartemennya. Setelah acara penghormatan, Soo Jin mengobrol dengan dua orang sahabatnya yang lain dan membahas siapa saja yang datang ke acara penghormatan. Salah seorang sahabatnya menyebut sebuah nama yang tak datang ke acara dan wajah Soo Jin berubah menjadi sangat kesal. Tak lama kemudian dia pun pamit.


Sudah beberapa hari ini Soo Jin merasa diperhatikan oleh seorang perempuan berbaju merah di area parkir apartemen barunya. Awalnya Soo Jin berpikir bahwa itu hanyalah orang iseng, hingga kemudian sosok perempuan itu mengejarnya di pintu lift. Soo Jin berusaha melarikan diri, sayang sosok itu terus saja mengikutinya. Hingga akhirnya Soo Jin tahu penyebab sebenarnya mengapa sang sahabat meninggal dunia.

Meski yakin ada sesuatu yang janggal, Jae Hoon yang telah lama menganggur tetap terlihat begitu senang ketika ia akhirnya mendapat panggilan wawancara di sebuah perusahaan besar tempat sahabatnya bekerja. Ia bahkan berjanji akan membelikannya makanan enak setelah mendapat gaji. Sementara itu alih-alih merasa senang, sang sabahat justru nampak ragu dan meminta Jae Hoon untuk berhati-hati.

Beberapa hari setelah bekerja, Jae Hoon mendapati meja makannya penuh dengan makanan. Mengira bahwa makanan itu disiapkan oleh sang ibu, Jae Hoon menyantapnya dengan lahap.

Malam ketika ia tidur, Jae Hoon mendapat mimpi buruk. Namun meski berusaha untuk bangun, Jae Hoon tetap tidak dapat menggerakkan tubuhnya. Kecurigaan sahabatnya ternyata terbukti benar, sayang Jae Hoon begitu terlambat menyadari dan kini nyawanya terancam mati.



Sepeninggal sahabatnya, Hyeon Joo, Ji Hye selalu bersikap murung. Bujukan dan perhatian dari sang wali kelas pun ia abaikan. Dunianya yang sebelumnya begitu ceria, kini terasa sangat sepi dan Ji Hye tak suka dengan hal itu.
Belum lagi tatapan sinis dari teman-teman kelasnya yang lain akibat kedekatan Hyeon Joo dan Ji Hye yang dulu dikabarkan sebagai pasangan penyuka sesama jenis beredar, seolah menambah beban di hatinya.

Hingga suatu hari, Ji Hye tak tahan lagi dan memutuskan untuk memanggil Hyeon Joo kembali ke dunia. Ritual Hide dan Seek pun dilakukan Ji Hye sepulang sekolah, dengan perantara boneka kain dan potongan kuku Hyeon Joo, Ji Hye pun merapal mantra. Setelah ritual selesai, Ji Hyee melihat sosok Hyeon Joo di pintu toilet, sayangnya tak lama kemudian sosok itu kembali hilang. Panik karena merasa gagal, Ji Hye kembali membaca petunjuk ritual pemanggilan dan menyadari bahwa ada bagian halaman yang hilang. Namun ketika Ji Hye menemukan dan membaca potongan halaman itu, ia baru tahu bahwa sahabat yang dicintainya itu bukanlah orang baik.

ULASAN

Mengisahkan sepuluh cerita pendek mengenai mitos di kalangan urban, Hong Won Ki sang sutradara terlihat serius menggarap film pertamanya ini. Ia tak hanya mengandalkan kehadiran para idol dan berhasil menyajikan film yang berkesan.

Film berdurasi sekitar 2 jam dengan kesepuluh cerita horor-thriller ini dijamin bakal bikin jantung kamu enggak berhenti deg-deg-an. Sejak awal film, kamu akan disuguhi dengan kisah mencekam yang bikin tenggorokan tercekat: scene gore dengan kebrutalan dan darah. Mengira bahwa cerita pendek kedua memiliki intensitas yang lebih rendah, oh jangan tertipu. Hong Won Ki seolah tahu bagaimana cara menjaga agar adrenalin penonton tetap terjaga dan menyusun cerita dengan begitu apik.

Beberapa kali saya hampir saja teriak karena begitu gemas dengan sang karakter. Menahan emosi memang bener-benar menguras tenaga ya.

Urban Myths tak hanya menyajikan cerita horor tentang hantu yang menyeramkan, namun juga kisah yang mengingatkan bahwa manusia bisa bertindak lebih kejam. Terlebih jika mereka adalah orang yang paling dekat dengan kita.


Judul : Urban Myths
Sutradara : Hong Won Ki
Rilis : 24 Agustus 2022
Genre : Horor Thriller
Produksi : Johnny Bros, Megabox JoongAng PlusM
Distributor : Megabox JoongAng PlusM
Durasi : 123 menit
Pemain : Kim Do Yoon, Lee Yul Eum, Lee Young Jin, Arin, Lee Min Hyuk, Shownu, Ju Haknyeon, Lee Soo Min, Alexa, Seo Ji Soo, Seola, Bong Jae Hyun, Hoya
Score : 3/5

Tidak ada komentar