Tak Hanya Muslim dan Choky, 8 Comika Ini Juga Sempat Tersandung Masalah

Desember 06, 2018


Sudah bukan rahasia umum lagi jika persaingan dalam dunia hiburan kadang bisa begitu kejam.  Sedikit saja terjadi kesalahan, bisa jadi menyebabkan karir seseorang jatuh dan hancur. Dan berikut daftar komika yang sempat terjerat kasus yang cukup menyita perhatian warganet.

1. Ernest Prakasa


Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Komika berusia 35 tahun ini pernah mendapat  ancaman biokot pada produk Tolak Angin yang dibintanginya. Maret 2017 Ernet Prakasa mengomentari kedatangan Zakir Naik dan menulis “JK dgn hangat menjamu Zakir Naik, orang yang terang-terangan mendanai ISIS. Sulit dipahami.” Hal ini menimbulkan kecaman oleh banyak warganet. Tak tinggal diam, Ernest kemudian melakukan klarifikasi dan menghapus tweetnya.


2. Indra Frimawan

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Kasus komika berwajah tampan ini bermula dari screencapture sesi roasting dengan para followersnya di instagram. Saat mendapat pertanyaan mengenai prestasi dalam dunia perfilman tanah air, Indra malah mengatakan bahwa ia telah meniduri banyak wanita sebagai jawabannya. Hal ini justru mengundang banyak aduan terkait pelecehan seksual secara verbal oleh komika yang lahir pada 13 Mei 1991 ini. Indra kemudian meminta maaf melalui unggahan video pada akun instagramnya dan mengatakan siap menerima konsekuensi jika harus kehilangan teman dan pekerjaannya karena kasus tersebut.


3. Muhadkly (Acho)



Gambar bisa saja memiliki hak cipta
Komika yang lahir pada 16 Oktober 1983 ini juga sempat tersandung kasus oleh pengembang hunian Apartemen Green Pramuka. Acho dituduh telah melakukan pencemaran nama baik terkait tulisan pada blog pribadinya. Dalam tulisannya, Acho mengungkapkan kekecewaan terhadap pengembang yang berjanji akan menjadikan area apartemen sebagai ruang terbuka hijau, ketidakjelasan sertifikat, biaya parkir, biaya renovasi, dan retribusi sampah yang cukup besar. Namun pihak pengembang tak pernah menghubungi Acho dan malah langsung melaporkannya kepada pihak kepolisian. Kasus ini mendapat perhatian yang cukup besar dari warganet dan karena dukungan dari banyak pihak pada Acho, akhirnya pihak pengembang mau menempuh jalur damai.



4. Mongol Stress



Gambar bisa saja memiliki hak cipta
Komikus dengan nama asli Rony Immanuel ini juga sempat tersandung kasus karena acap membatalkan kontrak kerja dengan penyelenggara sebuah acara secara sepihak. Mongol dianggap mencoreng kepercayaan dan nama baik komunitas stand up Indonesia. Komika yang lahir pada 1978 ini juga beberapa kali ketahuan berbohong dengan mengaku sakit, namun tampil pada acara lain yang lebih besar. Akibat ulahnya ini, Mongol mendapat banyak kecaman dari teman-teman satu profesinya.



5. Uus



Gambar bisa saja memiliki hak cipta
Komentar komika bernama Rizky Firdaus Wijaksana pada poster berjudul “Sehelai rambut Habib Rizieq jatuh, bukan urusan dengan FPI tapi dengan umat Islam” mendapat respon yang cukup ramai oleh warganet.  Dalam cuitannya Uus menulis, “Shampo untuk Rizieq. Viralkan! Bantu Rizieq beli shampo!!” membuatnya mendapat banyak kecaman. Tak berhenti, rangkaian tweet Uus selanjutnya juga menimbulkan ledakan emosi sebagian warganet yang tersinggung.
Cuitan “Emang Rizieq ulama? *booooooom*” dan “Aku kira pulo doang yang gadung. Ternyata ulama juga ada.” membuatnya harus mundur dari acara Inbox dan Opera van Java. Sebelumnya Uus mengatakan bahwa ia dan keluarga juga mendapat teror terkait hal tersebut. Belakangan kasus ini menguap setelah Uus meminta maaf pada umat Islam melalui MUI.




6. Ge Pamungkas




Gambar bisa saja memiliki hak cipta
Dalam sebuah acara, awalnya Ge mengomentari perbedaan reaksi warga terhadap banjir yang menimpa Jakarta. Ge menyebut bahwa ia pernah mendengar jika pada masa kepemimpinan Gubernur Ahok, banjir merupakan azab dari Tuhan. Namun pada masa kepemimpinan Gubernur Anies, sebagian warga Jakarta mengakui banjir sebagai ujian dari Tuhan. Ge kemudian dilaporkan dengan tuduhan penistaan agama.




7. Joshua Suherman




Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Tak jauh beda dengan Ge, Joshua yang terkenal sebagai penyanyi cilik juga dilaporkan dengan tuduhan penistaan agama terkait materi stand up comedy-nya. Jojo, begitu ia akrab dipanggil, mengtakan bahwa alasan mengapa Anissa Cherrybelle lebih terkenal dari pada Cherly Juno sebagai leader grup adalah karena Anissa beragama Islam.



8. Mudy Taylor




Gambar bisa saja memiliki hak cipta
Belum lama, komika yang kerap tampil dengan alat musik gitar ini tersandung kasus penyalahgunaan narkoba. Mudy ditangkap di rumahnya pada 22 September 2018 dengan barang bukti sabu seberat 0,18 gram, dua bong alat hisap, dua cangklong, dua korek api gas modifikasi, dua unit ponsel, dan satu klip plastik kosong. Atas tuduhan ini Mudy terancam hukuman lima tahun penjara.

Kalau kamu, tahu kasus yang mana?

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.