Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesan Online Tiket Bus : Rosalia Indah



Dapat kabar kalau kantor punya rencana cuti bersama pada pekan Natal, kepala saya langsung penuh sama rencana-rencana ngebolang. Ya masa  sembilan hari cuma diem di rumah doang tanpa nambah-nambah pengalaman. Bosen dong!

Eh kebetulan seorang teman mengundang acara haul kedua orang tuanya di Bumiayu, Purwokerto. Langsung deh cari-cari info buat berangkat ke sana. Sayangnya meski teman saya mengabarkan dua minggu sebelum jadwal acara berlangsung, nyatanya tiket kereta Jakarta-Purwokerto kelas ekonomi sudah laris manis alias habis! Tekad yang bulat untuk ngebolang tentu aja enggak memupuskan niat saya buat berburu tiket 'mudik', dan naik bus rasanya jadi pilihan yang cukup OK.

Berbekal jawaban dari temen-temen di grup WhatsApp regional Depok, maka saya pun memutuskan pesan bus Rosalia Indah via aplikasi. Cucur (SENGAJA, JANGAN DIKOREKSI!) aja saya cukup kaget karena ternyata mereka sudah punya aplikasi di Google Store. Ukuran filenya juga enggak terlalu gede, jadi saya langsung instal.
Ki-Ka : Tampilan awal aplikasi - Tampilan menu RESERVASI

Untuk melakukan pemesanan tiket, calon penumpang ternyata enggak harus jadi member lho. Hal ini tentunya memudahkan siapa pun yang hanya ingin pesan tiket sekali jalan.
Isi : jenis kelas bus, jumlah penumpang, titik pemberangkatan, dan titik tujuan
Rosalia Indah ternyata juga menyediakan banyak jenis kelas bus. Dari yang SUPER TOP SHD sampai yang EXECUTIVE PLUS DOUBLE DECKER. Tapi untuk rute yang saya pilih, hanya ada 1 jenis bus saja yaitu patas hahaha

Isi : data diri lengkap
Lanjut ke bagian formulir data diri penumpang, isi dengan lengkap dan jangan males!

Data pemesanan dan pilihan pembayaran.

Rosalia Indah juga menyediakan beragam pilihan pembayaran yang pastinya memudahkan calon penumpang. Saya waktu itu milih pembayaran via minimarket ALFAMART (sengaja tidak disensor agar diangkat jadi duta ALFACART).

Konfirmasi pembayaran
Setelah itu kamu akan mendapat informasi kode VA (Virtual Account) untuk pembayaran. Kamu hanya punya waktu kurang dari dua jam untuk menyelesaikan pembayaran pesanan tiketmu. Jangan buang waktu, apalagi masih mikir tidur dulu. Segera keluarkan dompet dan selesaikan transaksi.
Ini status pemesanan sebelum dibayar

Status pemesanan jika sudah dilakukan pembayaran
Sayangnya meski pihak Rosalia Indah meminta alamat surel saat mengisi data diri calon penumpang, nyatanya mereka tidak mengirimkan ringkasan pemesanan tersebut melalui email. Namun kamu tetap bisa melakukan penelusuran pemesanan pada aplikasi dengan menginput kode booking yang dikirim melalui SMS. Jangan lupa cetak tiket elektronik pesananmu untuk ditukar dengan tiket fisik sebelum keberangkatan.


Hal-hal yang perlu kamu perhatikan

  1. Lakukan konfirmasi melalui telpon ke nomor (0271) 825173 setelah melakukan pembayaran. Antisipasi segala kemungkinan yang bisa saja tidak kamu harapkan.
  2. Tanyakan semua yang perlu kamu tahu seperti apakah meeting point  pilihanmu masih beroperasi atau tidak. Sehingga kamu bisa mengatur perjalanan agar tidak terlambat.
  3. Datang satu jam sebelum keberangkatan. Pihak penyelenggara perjalanan mungkin butuh waktu untuk registrasi ulang penumpang, dahulukan kepentingan bersama.
  4. Jangan bawa barang terlalu banyak. Rosalia Indah akan membebankan biaya tambahan untuk kelebihan bawaan (maksimal barang bawaan adalah 20kg untuk armada reguler, dan 30kg untuk armada limited edition).
  5. Duduklah di kursi yang tertera pada tiket.
  6. Anak usia 4 tahun dan atau memiliki tinggi badan 90 cm, dikenakan 1 tiket.

Pembatalan Tiket

Manusia boleh saja berencana, namun kadang urusan kantor menghalangi segalanya huhuhu

Kalau kamu terpaksa membatalkan perjalanan, jangan khawatir, Rosalia Indah juga menyediakan fasilitas ini. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan:
  1. Karena kamu melakukan pemesanan tiket melalui online, kamu hanya bisa membatalkan tiket dengan datang ke agen pusat Rosalia Indah di Solo atau via telp (0271) 825173.
  2. Pembatalan tiket dapat dilakukan maksimal 1 hari (24 jam) sebelum keberangkatan dengan potongan administrasi sebesar 25% dari harga tiket.
  3. Sisa dana akan ditransfer ke rekening kamu dalam waktu maksimal 30 hari setelah pembatalan.
Gimana, tertarik travelling dengan bus dan Rosalia Indah?

7 komentar untuk "Pesan Online Tiket Bus : Rosalia Indah"

  1. Gan gmna cara nya kode boking lupa d tulis minta solusi nya

    BalasHapus
  2. bagaimana kalau kode bookingnya kelupaan? dan belum sempat cetak tiket

    BalasHapus
  3. Kan dikirim via sms ke no. Terdaftar saat isi data. Tlpn yg masih aktif mestinya

    BalasHapus
  4. Paling mudah memang kalo membeli tiket itu secara online, apalagi jaman sekarang ini yang tidak di perbolehkan untuk melakukan krumunan orang

    BalasHapus
  5. Kak kalau lupa catat kode booking gimana ya, mana gadapat sms ataupun email, barangakali kakak tau tolong infonya ya. Aku galau banget ini huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kak kl lupa catat kode booking ya,di sini dari admin nya jg gak di balas ya aku baca,saya jg tlp ke nomer di atas tidak di angkat2 gmn solusi nya,ada yg pernah kejadian,mohon di bantu

      Hapus