Tak Sesuai Pesanan? Begini Cara Aman Komplain di Shopee

Februari 15, 2019

Anak online, begitu julukan yang diberikan kakak ipar padaku. Memang, selain berjualan di beberapa platform belanja online, aku juga cukup aktif di media sosial seperti Facebook dan Twitter. Hal ini karena aku menjadikan Facebook dan Twitter sebagai sarana untuk mempromosikan hasil tulisan pada media blog.

Selain berjualan, aku juga cukup sering berbelanja secara online. Dimulai dari kerudung, hingga sepatu, pernah aku beli melalui online. Meski kadang ada kualitas barang yang kurang baik, ini karena harga yang kubayar juga rendah. Ya ya ya, aku cukup tahu diri lah hahaha

Dan baru-baru ini aku menerima barang yang tidak sesuai dengan deskripsi yang tercantum pada display. Lalu apa yang aku lakukan? Ya komplain dong xixixi

Begini ceritanya...

Aku belanja 3 helai baju di marketplace Shopee setelah memastikan bahwa deskripsi produk sesuai dengan ukuran tubuh. Namun saat barang pesanan tiba, ternyata 2 helai baju tidak muat dan tidak sesuai deskripsi.

Dan ini adalah urutan email yang aku terima selama pengajuan komplain:









Awalnya saya sudah menghubungi pihak penjual, namun karena tak ada respon atau itikad baik menyelesaikan masalah ini, maka saya langsung melakukan komplain via aplikasi.

Beberapa catatan yang perlu diperhatikan saat pengajuan komplain:

1. Pastikan untuk selalu menyimpan tangkapan layar percakapan dengan pihak penjual.

2. Siapkan meteran ukur untuk menunjang foto dan video yang akan diminta oleh Shopee sebagai dokumen pendukung pengajuan komplain.

3. Gunakan bahasa dan kalimat yang baik, runut, dan jelas. Pihak Shopee akan membantu sampai masalah menemukan satu titik tengah. Mereka bahkan akan menghubungi via telepon untuk mengetahui detail komplain.

4. Beberapa penjual memberikan catatan: 'Tidak menerima komplain dengan alasan apa pun. Membeli berarti setuju. Be smart buyer.' So don't worry. Kamu tetap bisa mengajukan komplain melalui aplikasi.

5. Sabar. Pihak penjual pasti akan menolak pengajuan dengan banyak alasan, bahkan mengatakan bahwa barang tidak sampai (meski sebenarnya nomor resi sudah dikonfirmasi dan barang sedang dalam proses pengambilan ke alamat penjual). Jadi ikuti terus instruksi customer service Shopee. Tanyakan jika ada sesuatu yang kurang jelas.

6. Dana akan dikembalikan via shopeepay yang dapat digunakan untuk belanja lagi atau ditarik ke rekening.

Ada yang pernah mengalami hal serupa? Coba dong ceritakan pengalamanmu...

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.