Emotional Healing Bareng Adjie : Biar Gak Overthinking?

April 11, 2019




Note : Ini adalah tulisan yang ku rangkum dari utas akun Adjie San Putro  #EmotionalHealingBarengAdjie. Aku juga sudah mendapatkan izin untuk menuangkannya kembali dalam blog ini. Selamat membaca (dengan perlahan) 😚

Terapi hening-mindfulness. Meluangkan waktu sejenak, duduk diam hening, dan hanya fokus menyadari tarikan dan embusan napas. Terapi ini sederhana dan efektif bikin tenang. Setiap pikiran gaduh sekali, perlahan arahkan perhatian ke napas. Biarkan pikiran-pikiran itu melayang pergi.

Terapi single tasking multitasking bikin overthinking, menguras abis energi. Malah enggak produktif, enggak bahagia. Karenanya, sebisa mungkin single tasking, hanya fokus ngelakuin 1 hal pada 1 waktu. Hal yang lainnya enggak perlu dikerjain dulu. 1 hal selesai, baru 1 hal lainnya.

Terapi menulis kalau pikiran terasa penuh sekali, tuangkan di kertas. Maksudnya, tuliskan. Buatku, ini salah satu terapi yang efektif biar enggak overthinking. Menuliskan apapun yang ada di pikiran. Jadi pikiran tak lagi sesak dengan kecemasan, penyesalan, ingatan, kenangan.

Terapi perlahan di tengah banyak orang berlomba cepat, terapi melakukan sesuatu dengan perlahan emang enggak mudah. Tapi ini bisa bikin enggak overthinking. Makan pelan, jalan pelan, dan sebagainya.  Terapi ini mengingatkan: “Hidup bukan perihal cepat, tapi tepat." Pikiran pun jadi tenang.

Terapi esensi pas overthinking, langkah awal adalah tentuin mana yang terpenting buat dipikirin dulu. Ini pun jadi panduanku buat menjalani hidup. Tentuin apa yang terpenting di hidup ini, apa yang terpenting untuk dilakuin terlebih dulu. Yang enggak begitu penting, ikhlaskan.

Terapi mengurangi social media meski seolah bermain social media itu menyenangkan, tapi buatku, berlebihan social media itu malah bikin overthinking. Social media mencekoki pikiran dengan berbagai kegaduhan. Kurangi social media, dan pikiran perlahan bakal tenang.

Terapi mendekat ke alam melakukan kegiatan atau berolahraga di luar ruangan adalah salah satu caraku untuk mengurangi overthinking. Sebisa mungkin secara berkala meluangkan waktu buat jalan kaki di luar ruangan. Enggak harus jalan kaki sih, yang penting mendekat ke alam.


-Sekian-

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.