Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

27 Step of May : Alegori Mei 1998

Gambar mungkin memiliki hak cipta



Judul                   : 27 Step of May

Genre                  : drama
Rilis                    : 27 April 2019
Sutradara            : Ravi Bharwani
Produser             : Rayya Makarim
Produksi             : Green Glow Pictures, Go-Studio
Durasi                 : 112 menit
Pemeran              : Raihaanun, Lukman Sardi, Ario Bayu, Verdi Solaiman

Sinopsis

May (Raihaanun) menjadi korban pemerkosaan pada umur 14 tahun. Setelah kejadian itu, ia menarik diri sepenuhnya dari kehidupan, dan menjalani hidup tanpa koneksi, emosi, dan kata-kata. Bapak May (Lukman Sardi) sangat terpukul dan menyalahkan diri karena merasa tak dapat menjaga sang putri. Untuk menyalurkan amarah tersebut, Bapak menjalani pertarungan di ring tinju. May dan Bapak seolah hidup dalam dunia yang berbeda, dan hal itu telah mereka jalani selama delapan tahun.

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Dalam rumitnya kehidupan Bapak dan May, hadir seorang Kurir (Verdi Solaiman) yang tak pernah berhenti memberi semangat, dukungan, dan segala upaya untuk menghasilkan “progres” bagi May.

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Kehidupan mereka berubah ketika May bertemu dengan seorang Pesulap (Ario Bayu) melalui lubang kecil di dinding kamarnya. Perlahan May mulai berinteraksi dengan sang Pesulap hingga ia kemudian berani membebaskan diri dan keluar dari trauma masa lalunya.

Pendapatku setelah menonton...

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Yang paling menarik dari film ini tentu saja bangkitnya rasa penasaran terhadap peristiwa yang terjadi pada sosok May. Bagaimana ia berusaha mengatasi ketakutan atas masa lalu, dan bagaimana kemudian ia menjalani ‘kehidupan normal’ menurut pandangannya. Dan kehadiran Pesulap dengan cara yang sama ajaib dengan profesi yang menempel padanya juga patut diberi apresiasi.

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Dibanding bosan, rasa penasaran justru membuat saya betah melek dan fokus pada jalan cerita film ini. Namun pertanyaan tetap saja muncul, “Mengapa sang Pesulap berpenamilan old school?”

Akhir Kata

Gambar mungkin memiliki hak cipta

27 Step of May menjadi salah satu film dengan jalan cerita yang cukup membuat dada kita sesak. Sebuah sajian yang amat layak mendapat perhatian dalam kehidupan yang berjalan super cepat ini. Berhentilah sejenak dan renungkan “Bagaimana jika May adalah kita?”

Posting Komentar untuk "27 Step of May : Alegori Mei 1998"