Ngobrol Film Pocong The Origin : Kisah Sang Pocong Menuju Makam

April 17, 2019

Gambar mungkin memiliki hak cipta


Judul                : Pocong The Origin

Genre               : Horor
Rilis                  : 18 April 2019
Sutradara         : Monty Tiwa
Produksi           : Starvision
Produser          : Chand Parwez Servia, Fiaz Servia
Durasi              : 91 menit
Pemain             : Samuel Rizal, Nadya Arina, Surya Saputra, Della Dartyan, Tio Pakusadewo

Sinopsis 

Sasthi (Nandya Arina) dimintai keterangan oleh Rudi (Tegar Satrya), kepala lapas, tempat sang ayah ditahan. Sang ayah, Ananta (Surya Saputra), seorang pembunuh yang dicurigai memiliki ilmu banaspati yang membuatnya sulit untuk mati. Maka setelah eksekusi, Sasthi diminta mengantar jenazah sang ayah ke tanah kelahiran untuk dimakamkan.

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Bersama Yama (Samuel Rizal), sopir mobil lapas, Sasthi mengantar kepulangan sang ayah. Namun semakin mereka dekat dengan tujuan, gangguan dari makhluk halus makin sering menghampiri mereka. Berkejaran dengan waktu, jenazah Ananta harus dikubur sebelum tengah malam bulan purnama lewat. Atau ia akan kembali hidup.

Gambar mungkin memiliki hak cipta


Bukan Tentang Ilmu Hitam

Meski menyinggung sebuah ilmu hitam, film ini tak membahas lebih dalam mengenai perjanjian dengan iblis yang dilakukan oleh sang tokoh sentral. Monty fokus dengan bagaimana perjalanan si pocong untuk sampai ke tujuan akhirnya, makam.

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Kemunculan hantu-hantu yang diangkat dari kisah mitos di sepanjang film, tak lebih dari bumbu yang menegaskan bahwa penonton sedang menyaksikan film bergenre horor. Meski begitu film ini tak padat dengan jump scare. Pocong dan hantu-hantu menampakkan wajah mereka tanpa malu-malu.


Gambar mungkin memiliki hak cipta

Tapi tentu saja film ini juga menyisakan banyak pertanyaan, misalnya seperti kapan setting waktu yang diambil? Tampilan jadul bangunan lapas, kafe, dan mobil jenazah, terpaksa berhadapan dengan smartphone, membuat film ini berakhir inkonsisten. Selain itu munculnya narasi bahwa Ananta meninggalkan Sasthi saat kecil yang tanpa disertai alasan, membuat kesan akan sosok Ananta yang sangat menyayangi sang putri, harus patah.

Kesimpulan

Pocong The Origin lahir sebagai hutang kreatif terhadap film Pocong yang tak sempat edar tiga belas tahun silam. Tak terpengaruh dengan banyaknya kisah tentang perjanjian dengan iblis, membuat film ini tampil sedikit berbeda. Namun tetap saja tipikal film bergenre horor dimana lebih banyak menyorot waktu malam dan tempat sepi, membuat penonton harus kembali memberi pemakluman. Dan jump scare yang lambat juga membuat saya kelelahan.

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.