Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ngobrol HIV/AIDS bareng @hayVeeID dan @skisoblu


Hai.. Hai.. Hai..

Ini rangkuman diskusi di akun twitter @hayVeeID dan @skisoblu, ya. Tujuanku menulis ini adalah untuk menyebarkan ke lebih banyak orang mengenai hal-hal seputar HIV/AIDS. Dan tanpa mengurangi isi diskusi, ada beberapa bagian yang direvisi. Selamat membaca 😉

hayVee @hayVeeID  #hayTwit .. Haloo, Mas. Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi silakan memperkenalkan diri, Mas.

R @skisoblu Baik. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak, kepada @hayveeID dan @ScotchandSoba_ yang sudah memilih saya untuk berbagi cerita dalam sharing discussion dengan tema “I’m poz and fit”. Perkenalkan, sebut saja saya Randy, 28 tahun, CD4 pas awal pos di angka 500an.

hayVee @hayVeeID Hai, Mas Randy. Wah seperti tidak ada bedanya dengan temen temen yang negatif ya, Mas #hayTwit Baiklah, Mas Randy biasanya suka olahraga apa sih?

R @skisoblu Alhamdulilah mudah”an seperti itu. Kebetulan saya lebih senang gym tapi di sela-sela gym kadang saya menyempatkan diri untuk jogging atau ikut futsal bareng teman-teman nongkrong saya #hayTwit

hayVee @hayVeeID Wah Mas Randy suka sekali ya olahraga, pantas sehat. Rutinitas dalam olahraga seminggu berapa kali? Apakah setiap hari, Mas ? #hayTwit

R @skisoblu Nggak setiap hari, cuma seminggu rata-rata bs 4 atau 5 kali dan 2 hari off. tapi kalo lagi suntuk atau gak ada kegiatan biasanya diisi sama treadmill aja tp gak berat kalau pas lagi off. Kadang kalau lagi mager parah pas off tetap istirahat total untuk nggak gym atau olah raga lainya.

hayVee @hayVeeID Wow rutin sekali Mas Randy ya dalam kegiatan olahraga. Oh iya Mas, ada pengalaman unik sebagai ODHIV ? Apakah sering tiba-tiba capek atau bagaimana Mas? #hayTwit

R @skisoblu  Ada, pada saat pertama kali didiagnosa positif itu besoknya saya masih sempatkan gym untuk menghilangkan stress lucu dan unik pada saat itu. Namun saya akhirnya ngerasa lemah dan lelah sampe angkat barbel 10 kg aja gak kuat, dan selama kurang lebih seminggu latihan saya gak bener. Karena ngerasa lemah tapi akhirnya saya bangkit karena saya pikir lemah atau gampang capek itu sumbernya bukan dari HIV tapi dr pengelolaan stress kita yg kurang baik plus tidur yang tidak teratur.

hayVee @hayVeeID Nah kan teman-teman capek dan lemas itu bukan dari HIV seperti kata Mas Randy tapi bagaimana manajemen pengelolaan stress kita, bukan begitu Mas Randy? Wah makin malam makin seru, yaa? Kita sekarang bahas pola makan ya teman 2 .. #hayTwit Pola makan yang sehat itu gimana sih, Mas ?

R @skisoblu Kalau menurut aku karena ODHIV itu hidup tergantung dengan obat, kita sebisa mungkin harus makan 3x sehari dengan asupan protein, gizi dan karbohidrat yang cukup biar gak gampang drop dan sakit.

hayVee @hayVeeID Nah teman2 #hayTwit kuncinya adalah makan teratur dan sehat. Nah apakah Mas Randy juga makan makanan junk food kaya KFC, McD, dll ?

R @skisoblu Makan, tapi gak sering. Paling dalam satu bulan bisa dihitung 2 atau 3 kali, itu pun kalau lagi mau. Soalnya aku lebih suka makan sayuran plus ikan atau daging-dagingan yang di masak sendiri.

hayVee @hayVeeID Nah bener kan kata Mas Randy, banyakin makan sayur dan ikan buat jaga pola makan. Eh mas, BTW Mas Randy diet kan ? Diet nya biasanya apa, Mas ? Diet gemuk, diet kurus atau ada tips diet bagi ODHIV ? #hayTwit

R @skisoblu Kalau aku sendiri sih gak diet ya, cuma aku menjaga asupan makanan aja yg cukup. Tips buat ODHIV yang diet mending gak diet ketat yang pengen kurus atau gimana tapi lebih baik diet dengan menjaga pola makan dan asupan makanan aja sih itu sangat cukup. Sebaliknya unttuk ODHIV yang ingin gemuk bisa perbanyak asupan protein plus vitamin namun konsul dahulu dengan dokternya.

hayVee @hayVeeID Wah ternyata mas Randy gak diet ya? Tapi kok badannya bagus, Mas? haha Kan aku mau badan nya kaya Mas Randy. Teman2 #hayTwit pasti kepo soal pola hidup... Pola hidup Mas Randy sebagai ODHIV gimana?

R @skisoblu sama seperti orang biasanya, cuma aku semenjak POZ udah gak pernah begadang, ga minum alkohol dari dulu, ngerokok udah stop total, tidur sehari 6 - 8 jam, olah raga teratur, menjaga pola makan, kalau siang pas break kerja biasain tidur siang 30 sampe 60 menit biar gak pusing. Satu hal yang bikin aku terus jaga pola hidup sehat aku adalah kalau obat ARV rata-rata punya efek lipodistrofi ( penumpukan lemak pd bagian tubuh tertentu ) jadi itu yang mempuat saya untuk tetap semangat terus berolah raga.

hayVee @hayVeeID Wah pola hidup Mas Randy bagus banget ya teman2 #hayTwit? Udah gak alkohol, gak ngerokok dan gak bergadang yeayyy. Ada perubahan pola hidup gak sih Mas setelah dan sebelum positif ?

R @skisoblu Ada, dulu sebelum POZ dan ARV hidup aku berantakan banget, muka kusut, doyan begadang plus perokok berat sekarang setelah POZ aku ubah pola hidup aku dengan cara sehat ternyata lebih nyaman sekarang. Badan fresh terus, gak gampang capek atau drop. Paling keluhan cuma terjadi misalnya gatal karena alergi salah makan atau demam selewat yang dalam hitungan jam ilang, jadi sekarang aku lebih ngerasa sehat di banding sebelumnya deh.

hayVee @hayVeeID Wah ternyata perubahan dari yang tadinya "nakal" menjadi lebih sehat pola hidupnya Mas Randy ya teman2 #hayTwit Eh tapi Mas, kata anak milenial no pict hoax .. boleh gak di upload foto terakhir deh biar semua tahu perubahan pola hidup Mas Randy ... heheh *bukan modus ya*

R @skisoblu Boleh, tapi jangan dibully.


hayVee @hayVeeID Huaaa ternyata beneran ada fotonya dong. Mas Randy gak halu kalau kata anak sekarang. Lanjut ke pertanyaan selanjutnya. Minta tips pola hidup buat teman-teman ODHIV dong biar sehat kaya Mas Randy.

R @skisoblu Buat teman-teman ODHIV yang senasib, saya berharap teman-teman menyempatkan diri untuk berolah raga minimal 2x dalam seminggu karena dengan olah raga teratur, makan teratur hasilnya istirahat jadi teratur juga. Plus point postif yang saya rasakan dengan jarang ada keluhan sebagai seorang ODHIV pasti teman-teman juga gak akan sering ada keluhan.

hayVee @hayVeeID Nah, kuncinya adalah pola makan, olahraga teratur minimal seminggu 2x ya teman2 #hayTwit Nah sekarang sesi pertanyaan bagi netizen silakan kirimkan pertanyaan kalian seputar topik kita malam hari ini. Aku tunggu ya. Berhubung sudah jam minum ARV mas Randy, sesi #hayTwit ini kita akhiri ya. Silakan closing statement dari mas Randy @skisoblu Sebentar ya teman2 #hayTwit mas Randy baru minum ARV, abis ini akan ada closing statement untuk sesi kali ini.

R @skisoblu Buat teman-teman ODHIV Jaga kesehatan jaga pola makan, perbanyak olahraga hindari seks bebas, rajin beribadah dan tetap jadi diri sendiri. buat non ODHIV juga sama ya.

hayVee @hayVeeID Yak setelah ditutup dengan closing statement dari mas Randy. Dengan ini saya @sweetBoyYK pamit undur diri sampai jumpa #hayTwit berikutnya Mohon maaf kalau dalam memoderatori #hayTwit banyak kekurangan dan salah ya. Selamat malam jangan lupa jaga kesehatan.

HIV Positive @ScotchandSoba_ bang @skisoblu mo nanya dongg!!!! kan kita sama2 ODHA nih yaaa, hehee masi sering mual ato pusing nggak kalo abis konsumsi ARV? Nah, kali aja dari Abang ada tips buat olahraga ato makan apaaaa gituuu, buat ngurangin efek ARV nya biar gak ganggu aktifitas sehari-hari #hayTwit

Liberal Stud  🌈 @TOGAambarita  Banyak makan sayur, olahraga biasakan pagi, kurangi rokok, dan jangan makan makanan yang banyak mengandung lemak sebelum / sesudah konsumsi ARV terutama yang FDC karena bisa memperburuk efek mual / pusing #ehKokGueYangJawab

HIV Positive @ScotchandSoba_  Waduuuhhhh malah kakaknya yang jawab  makasi banyak buat sarannya!! mana nih Bang @skisoblu kok belom jawaaaabbbbb???

ImJune @june_im  Sabar ya. Mudahan effek ARVnya cepat menghilang. Kalau bisa sih jam istirahat dan stressnya dan jaga pola makan juga.

Always + @Epiphyllum_oxyp Iya bener, pola makan sebelum dan sesudah minum ARV yang perlu diatur supaya gak memperburuk efek ngefly nya. Soale aku pernah abis minum ARV, makan nasi goreng, gak lama keliyengan di jalan.

jeremiyeh @jeremiyeh Habis minum ARV jangan coba makan makanan berat deh. Kleyengan muyeng kepala. Kalo makan buah-buahan gak ada efek.

NAGA @Naga_Botak Makanan mengandung keju dan lemak hewani juga menimbulkan efek ngefly sepertinya.

R @skisoblu Betul untuk beberapa orang ODHA ada yang mengalami seperti itu.

nakaldkit @nakaldkit   Tips Nambahin nafsu makan bagi PLHIV gimana? Makan nasi aja cuma bisa sekali sehari doang.

R @skisoblu But menu pendamping nasinya bervariatif biar selera makannya timbul.

nakaldkit @nakaldkit 1 bulan akses ARV baru mulai gym lagi. Makan nasi bisa lumayan banyak pas habis gym lumayan berat badan bisa naik dikit-dikit. Kalau nggak makan nasi paling minum susu plus ubi-ubian.

Sampai jumpa di diskusi selanjutnya! 👋

Kalau kamu, tahu sejauh apa tentang HIV/AIDS? Jangan lupa komen di bawah ya 

2 komentar untuk "Ngobrol HIV/AIDS bareng @hayVeeID dan @skisoblu"