Ngobrol Film Weathering With You : Kisah Sedih Sang Gadis Matahari

Agustus 18, 2019

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Huaaaa... udah lama banget ya saya absen ngeblog. Dasar pemalas! Huhuhu

Kini saya akan mencoba kembali eksis lagi melalui tulisan-tulisan ringan yang semoga dapat membunuh bosan. Dan seperti kesempatan kali ini, sebuah pengalaman dari menonton film animasi Jepang karya Makoto Shinkai akan menjadi pembuka tulisan pada bulan Agustus.

Sinopsis

Hodaka (Kotaro Daigo), siswa SMA, memutuskan untuk pergi ke Tokyo demi mencari pekerjaan. Namun sayangnya mempekerjakan seseorang pada usianya yang belum cukup umur adalah sebuah kejahatan di Jepang. Hodaka pun dengan cepat kehabisan uang.

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Lapar, kelelahan, dan tanpa masa depan, Hodaka merasa putus asa. Tanpa sadar, ia tertidur di sebuah tempat makan cepat saji. Saat ia terbangun, seorang gadis tengah menyodorkan burger padanya. Bagi Hodaka, kehadiran gadis itu seperti malaikat penolong.

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Hodaka mencoba peruntungan terakhirnya di Jepang, menghubungi seseorang dari kartu nama yang pernah diberikan padanya. Kei, pria yang namanya tercetak pada kartu mengaku sebagai CEO sebuah perusahaan penerbitan kecil yang menulis artikel tentang urban legend di Jepang. Dijanjikan mendapat jaminan makan dan tempat tinggal, Hodaka setuju untuk bergabung.

"Tak ada kisah cinta yang terlalu biasa untuk tetap diperjuangkan sampai akhir, dan Weathering With You mungkin bisa jadi salah satu cermin bagaimana ketulusan adalah cinta paling kuat yang dapat menyelamatkan hidup orang lain."

Dalam suatu perjalanannya sepulang dari minimarket, Hodaka bertemu dengan Hina (Nana Mori), gadis yang memberinya burger. Namun Hina tak sendiri, dua orang pria dewasa mengapitnya ke sebuah klub malam. Hodaka yang merasa akan munculnya bahaya, mencoba menyelamatkan Hina. Mereka melarikan diri ke sebuah gedung tua. Di sana, Hina kemudian mengajak Hodaka untuk naik ke atap gedung.

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Tokyo tengah dilanda gerimis selama berhari-hari meski seharusnya musim panas telah dimulai. Sayangnya tak ada yang tahu kapan cuaca akan kembali normal. Namun ketika Hina berdoa, matahari tiba-tiba mulai bersinar terang, menyingkirkan awan dan rintik hujan. Hodaka melihat sebuah peluang menyelamatkan Hina dan menjadikannya Gadis Matahari, salah satu urban legen yang sebelumnya tak ia percayai.  Namun mereka berdua lupa bahwa selalu ada konsekuensi atas setiap keputusan yang diambil.

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Weathering With You adalah salah satu film yang meninggalkan perasaan bahagia setelah saya selesai menontonnya. Makoto sebagai sutradara membuat kisah cinta Hodaka dan Hina yang masih remaja menjadi terasa manis di tengah kisah hidup mereka yang cukup pahit.


Judul                     : Weathering With You
Rilis                      : 21 Agustus 2019
Genre                    : Fantasi, Drama
Sutradara              : Makoto Shinkai
Produksi               : CoMix Wave Film
Produser               : Genki Kawamura, Story Inc
Durasi                   : 114 menit
Pengisi suara        : Kotaro Daigo, Nana Mori, Shun Ogori, Tsubasa Honda, Chieko Baisho, Sakura Kiryu

You Might Also Like

5 komentar

  1. Film-film karya Makoto Shinkai memang selalu membekas, bahkan setelah lama menontonnya. Termasuk si Kimi No Nawa yang sudah rilis lama, sampai sekarang kalau nonton pun masih baper. Masih menunggu film ini bakalan dirilis dalam bentuk buku, semoga benar-benar dipublikasikan.

    BalasHapus
  2. Aku hampir tidak pernah menonton film Jepang, animasi pula seperti film ini. Belum tertarik saja karena biasanya yang kubaca dari review2, genrenya bukan yang kusuka. Untuk Weathering with You ini sepertinya aku tertarik untuk menontonnya, ide ceritanya sederhana tapi menggemaskan. Tidak ada salahnya menonton film animasi sekali2, hehe.

    BalasHapus
  3. waahh.. aku kurang suka nonton film animasi ginian, apalagi kisah romans, hehe buka aku banget.

    BalasHapus
  4. Wah, karya yang baru dari Makoto Shinkai. Pas lihat poster filmnya hati saya berbisik "kok mirip poster-poster film karya Makoto Shinkai ya", ternyata memang benar. Film-film karya sutradara ini memang mengaduk-aduk perasaan seperti 5 Centimeters per Second, Kotonoha no Niwa hingga Kimi no Nawa. Saya jadi penasaran dengan film ini.

    BalasHapus
  5. sinopsisnya bikin penasaran nih! Jadi pengen nonton juga. Cerita-cerita seperti ini biasanya suka memunculkan semangat lebih untuk berbuat kebaikan sama siapapun.

    BalasHapus

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.