Ngobrolin Podcaster: Apa Sih?


dok. pribadi

Pernah enggak sih kalian tertarik untuk mencoba peruntungan sebagai youtuber, seperti yang banyak sekali orang lain lakukan saat ini? Apa? Kenapa? Enggak PeDe? Koq sama hahahaha

Emang enggak semua orang sih bisa menjadi youtuber. Selain butuh komitmen untuk terus berinovasi dalam menghadirkan konten yang unik dan menghibur, seorang youtuber juga perlu menyiapkan “alat perang” yang mungkin enggak bisa semua orang jangkau. Baik karena harga alat yang mahal, atau karena kurangnya pengetahuan di bidang perekaman.

Selain itu, penyebab lain yang membuat enggak semua orang bisa menjadi youtuber adalah kemampuan dalam menjelaskan sesuatu atau bicara. Misalnya seperti  Tom Felton (pemeran Malfoy dalam seri Harry Potter) yang bahkan perlu mengikuti terapi karena gagap saat bicara di depan kamera, atau seperti karakter Donal Bebek yang malah bikin bingung orang lain yang mendengar penjelasannya akan sesuatu. Ya, kira-kira seperti itu lah.

Namun jika kalian masih ingin menyuarakan ide atau pendapat, mungkin kalian bica coba PODCAST.

Kelas Podcast yang saya ikuti

Apa? Kalian enggak tahu PODCAST? Belum pernah dengar? Hemh.. oke deh, yuk kita bahas..

Diambil dari laman situs apple.com, Podcast dijelaskan sebagai episode program yang tersedia di Internet. Tak hanya berupa rekaman asli audio atau video, PODCAST juga bisa berasal dari rekaman siaran televisi, program radio, kuliah, pertunjukan, atau acara lain.

Kelas Podcast II yang saya ikuti

Dengan PODCAST, kalian juga bisa memiliki saluran siaran pribadi laiknya penyiar radio lho. Persiapannya juga mudah dan murah. Hayooo, siapa di sini yang dulu pernah punya cita-cita ingin jadi broadcaster? Bisa nih dicoba.

Kelas Podcast III yang saya ikuti

Sekarang yuk simak apa saja yang harus disiapkan untuk menjadi seorang PODCASTER.

PEREKAM SUARA

Enggak perlu menyiapkan budget lebih untuk hal yang satu ini. Cukup manfaatkan aplikasi bawaan yang sudah tersedia pada ponsel. Kecuali jika ingin hasil rekaman yang sangat bagus dan jernih, kalian bisa menambah alat rekam yang sesuai dengan budget di kantong.

APLIKASI EDITOR

Kalau kalian menggunakan PC, ada beberapa aplikasi yang bisa membantu untuk membuat hasil rekaman suara menjadi lebih maksimal, seperti  Audacity, Cubase, atau Adobe Audition. Tapi buat kalian yang hanya mengandalkan ponsel untuk berkarya, enggak perlu khawatir. Kalian bisa coba aplikasi Lexis, Timbre, atau Audio Editor, sebagai senjata untuk mengoptimalkan hasil rekaman. Saya sendiri menggunakan aplikasi Audio Editor untuk memotong dan menggabung file dan fitur boost pada aplikasi Lexis untuk menaikkan volume suara.

PELUNCUR

Hasil rekaman yang telah melalui proses edit, bisa langsung dipublikasikan melalui aplikasi peluncur. Saya memilih menggunakan Anchor. Aplikasi ini memungkinkan kita untuk meluncurkan hasil rekaman ke 7 platform berbeda, seperti Apple Podcast, Google Podcast, Radio Public, Spotify,  dan lain-lain. Praktis banget kan?

PROMOSI

Akhirnya kita sampai pada tahap terakhir dalam proses untuk menjadi seorang PODCASTER. Yap, PROMOSI! Kaliah harus sering-sering share link episode podcast biar makin banyak orang yang tahu dan dengerin. Jangan diem-diem aja seperti saya hahahah


18 komentar

  1. Balasan
    1. iyap. langsung praktik, ga sampai 30 menit udah bisa share link hehehe

      Hapus
  2. Saya masih awam dengan podcast. Setelah baca tulisannya jadi ngerti. Semoga someday bisa dipraktekkan ke akun youtube anak saya. Hehehe. Makasih sharingnya.

    BalasHapus
  3. wah baru tau sy kak ..informatif sekali ..sepertinya wajib di coba ini si podcast

    BalasHapus
  4. Podcast tuh kaya ngobrol sendiri atau berdua dengan nara sumber ya aku sie pernah liat radytia dika tapi seru cuma belum pede aja sie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sendiri, berdua, atau rame2. Ayoo dicoba biar bisa tukeran link hehehe

      Hapus
  5. Waa..sesimpel itu ya? Ternyata mudah banget bikinnya sampai posting atau upload atau meluncurkannya pun segampang itu. Editnya selama ngedit video nggak si? Kl video minim 3jam hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Editnya sebentar kok, apalagi jika sudah eps2 selajutnya dan kita udah tau fungsi2 dari apk nya, akan lebih cepet. Mungkin 30-60 menit aja

      Hapus
  6. Hey, saya main podcast juga mbak... cuma lagi off. Rumah nggak pernah sepi kecuali malam hari, jadi terhambat mau take vocal pake HP.

    Podcast saya ; podcast Sita. Baru 2 kali isinya tayang.

    Thanks ya sharingnya

    BalasHapus
  7. Pingin punya Podcast juga sayaaa,, tp kok kayanya waktunya mepett aja ya, someday serius bikin ah, tfs ya Mba

    BalasHapus
  8. Boleh banget tuh, buat jiwa2 yang suka public speaking, jadi youtuber memang cocok bgt, hehe

    BalasHapus
  9. Wiwin | pratiwanggini.net20 November 2019 16.35

    Jujur aja, saya masih sangat awam dengan Podcast ini.
    Jadi yaaa belum bisa banyak komen :)

    BalasHapus
  10. Asli saya penasaran dengan podcast ini.. Tapi masih bingung juga misalnya punya, kira-kira konten apa yang mau saya punya... Eh ini berbayar atau free sih?

    BalasHapus
  11. Pengem sih Kak, tapi ya gitu, kepentok modal. Anchor belum pernah nyobain.

    BalasHapus