Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

The Peanut Butter Falcon : Mimpi Seorang Pria Down Syndrom

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Sinopsis

Zack, seorang pria down sydrome berusia 22 tahun, telah 2,5 tahun tinggal di panti jompo. Meski ia berteman akrab dengan perawat bernama Eleanor, namun keinginannya untuk menjadi seorang pegulat profesional, beberapa kali memicunya melakukan percobaan melarikan diri. Ia bahkan mengajak penghuni panti untuk membantunya walau hanya dengan imbalan puding cokelat.

Gambar mungkin memiliki hak cipta
Hingga suatu hari usahanya untuk kabur pun berhasil, Zack segera berlari menjauh dari dari panti. Berlari semalaman membuatnya kelelahan dan ia memutuskan untuk bersembunyi di sebuah perahu milik Tyler, nelayan ilegal yang sering mencuri kepiting.
 
Gambar mungkin memiliki hak cipta
Saat Tyler dikejar oleh para pemilik tambak kepiting dengan perahu, Zack pun terbangun dan muntah. Zack kemudian meminta Tyler untuk mengantarnya ke sekolah milik pegulat profesional Salt Walter Redneck. Sebuah persahabatan yang hangat dan indah, terjalin dari keduanya. Membawa mereka pada sebuah ikatan kasih sayang yang sempat hilang.

Pendapatku setelah menonton

The Peanut Butter Falcon tak menyajikan kisah sedih penuh air mata atau super hero yang mengalahkan banyak musuh. Namun meski hanya bercerita tentang  mimpi Zack dan beberapa kilas balik masa lalu Tyler dan sang kakak, The Peanut Butter Falcon tetap tampil dengan percaya diri.

Gambar mungkin memiliki hak cipta
Keunikan film ini tentu saja ide cerita tentang seorang pria (yang benar-benar) down syndrome yang bercita-cita untuk menjadi pegulat profesional. Hal ini bukan tanpa alasan, efek perundungan Zack di lingkungan sekolah membuatnya yakin bahwa ia hanya bisa menjadi orang jahat. Jujur saja saya cukup terkejut mendengarnya, bahkan di negara maju pun kasus perundungan masih sering terjadi. Beberapa di antaranya bahkan berakibat fatal.

Gambar mungkin memiliki hak cipta
Menonton The Peanut Butter Falcon mengingatkan saya akan sebuah film lama berjudul Pay It Forward yang bercerita tentang Trevor, seorang bocah sekolah dasar yang memiliki ide untuk mengubah dunia yang menyebalkan dalam tugas social experiment-nya. Sayang, Trevor yang hanya ingin membantu salah satu temannya justru tewas karena perundungan.

Gambar mungkin memiliki hak cipta
The Peanut Butter Falcon membuat sebuah standar baru sebagai film yang menginspirasi. Tak sekadar menampilkan cerita sedih, ia justru memilih tampil dengan sebuah kisah ringan, manis, namun tetap menimbulkan perasaan hangat.

Judul                : The Peanut Butter Falcon
Sutradara         : Tyler Nilson, Michael Schwartz
Rilis                  : 10 Oktober 2019
Genre               : Drama
Produser          : Albert Berger, Christopher Lemole, Lije Sarki, David Thies, Ron Yerxa, Tim Zajaros
Produksi           :Armory Films
Distributor       : Roadside Attractions
Durasi              : 98 menit
Pemain             : Shia LaBeoufDakota JohnsonJohn HawkesBruce DernZack GottsagenJon BernthalThomas Haden Church

Posting Komentar untuk "The Peanut Butter Falcon : Mimpi Seorang Pria Down Syndrom"