Mengenal Gong Yoo : Visualisasi Aktor Paling Tampan



Mengawali karirnya sejak tahun 2001, pria yang lahir pada 10 Juli 1979 di Busan ini mulai banyak dikenal setelah perannya sebagai pemilik kedai kopi tampan dalam drama seri Coffee Prince (2007).  Kepopuleran drama romantis ini kemudian juga membawanya meraih penghargaan pertama sebagai Male Excellence Award pada MBC Drama Award 2007.  Memutuskan untuk memulai tugas militernya bahkan saat ia berada di puncak popularitas pada 14 Januari 2008 sampai 8 Desember 2009, Gong Yoo bekerja sebagai DJ pada bagian siaran radio Badan Pertahanan Media Korea dan dilanjutkan sebagai VJ pada siaran televisi bertajuk Best Music.

Lahir dengan nama Gong Ji Chul, debutnya pada dunia seni peran dimulai dari drama School 4 selama 48 episode dimana Gong Yoo hanya mendapat peran minor atau kameo sebagai salah satu murid sekolah yang pandai memainkan piano. Dilanjutkan pada tahun 2003, Gong Yoo mulai mendapatkan peran sebagai tokoh utama dalam drama Twenty Years. Sayangnya drama tersebut mendapat respon yang kurang baik dari penonton bahkan menuai rating yang buruk. Sedihnya hal tak menyenangkan ini berulang pada drama One Fine Day (2006) dan Big (2012).

Perjalanan karir pada 2005 membawa ia memerankan tokoh Park Tae-in dalam drama Hello My Teacher sebagai remaja arogan berusia 20 tahun yang jatuh cinta pada seorang guru pengganti berusia 25 tahun. Drama ini tak hanya disukai penonton karena jalan ceritanya yang cukup kontroversial, namun juga membuatnya menjalin persahabatan di dunia nyata yang begitu menggemaskas dengan aktris Gong Hyo-jin.



Nama Gong Yoo makin melambung berkat aktingnya sebagai guru seni di sekolah khusus tuli dalam film Silenced (2011) yang juga berhasil mengumpulkan USD 30,7 miliar di Korea Selatan hanya dalam waktu sepuluh minggu. Film yang diangkat dari kisah nyata ini tak hanya berhasil menarik perhatian masyarakat Korea karena kisah sedih pelecehan murid-murid oleh guru dan pimpinan sekolah, namun juga membuat pemerintah menerbitkan hukum khusus tentang pelanggaran hak asasi manusia bagi kaum disabilitas di Korea Selatan. Pemerintah setempat bahkan kembali membuka kasus kriminal tersebut dan melakukan introgasi yang lebih dalam terhadap para korban dan sekolah yang bersangkutan.

Meski tak jarang drama yang melibatkannya menuai rating yang buruk, ternyata tak membuat Gong Yoo patah arang. Hal ini terbukti dengan beberapa drama dan film lain yang ternyata cukup sukses meraih simpati. Sebut saja drama Coffee Prince (2007) dan Goblin atau yang memiliki judul asli Guardian : The Lonely and Great God (2016) yang bahkan membuatnya memenangkan Best Actor Award dalam Baeksang Arts Award. Sedangkan dalam film Gong Yoo juga berhasil meraih kesuksesan dalam Silenced (2011), A Man and A Woman (2014),  dan Train To Busan (2016). Baru-bari ini ia bahkan berhasil menarik perhatian penonton brkat perannya dalam dilm Kim Ji Young : Born 1982 (2019).



Menyabet penghargaan Best Actor Award dalam Baeksang Arts Award berkat perannya sebagai Jendral Kim Shin dalam drama Goblin membuat Gong Yoo dikenal sebagai aktor nomor satu di Korea. Hal ini tentu saja tak lepas dari kombinasi atas kecerdasan, kerendahan hati, serta pengetahuan sosialnya yang luar biasa. Gong Yoo dikenal sebagai kator yang sangat berdedikasi dalam pekerjaannya sebagai aktor, bahkan rela  melakukan diet selama tiga bulan untuk mengurangi lemak tubuh dan belajar seni bela diri Rusia Systema untuk adegan pertarungan dalam film The Suspect pada tahun 2013. Ia juga melakukan kejar-kejaran mobil, panjat tebing, dan terjun payung di Sungai Han tanpa menggunakan stuntman.

Berhasil menjaga nama baik dari isu-isu miring dan skandal selama 15 tahun perjalanan karirnya, pesona aktor dengan visual paling menarik dan tampan meski di usia yang sudah mencapai 40 tahun ini membuat Gong Yoo sering menjadi wajah Korea Selatan dalam memperluas budaya dan industri hiburan pada masyarakat dunia. Ia juga menjadi salah satu sosok panutan para aktor rookies dalam menjalani karir mereka.

Gong Yoo kini mengisi hari-harinya dengan berolahraga, mendengarkan musik, menonton film sendirian, dan membersihkan kotoran kedua kucingnya yang telah ia jalani selama sepuluh tahun terakhir. Gaya hidup sehat sang aktor yang mengawali debutnya sebagai model ini adalah alasan paling kuat mengapa ia memiliki tubuh yang terpahat dengan indah.



Memilih untuk tak memiliki satu pun media sosial meski pada masa hiatusnya sekalipun demi menjaga keseimbangan gaya hidupnya, membuat pria lulusan Universitas Kyun Hee ini dikenal sebagai sosok tampan dan misterius. Meski namanya makin melambung hingga di kancah film internasional termasuk Hollywood setelah perannya dalam film Train To Busan, namun Gong Yoo ternyata tak pernah lupa untuk meluangkan waktunya untuk kegiatan sosial. Ia bahkan ditunjuk sebagai perwakilan khusus UNICEF untuk membantu warga miskin dan anak-anak kurang gizi di Kamboja pada 2014.


Profil Gong Yoo

Nama asli : Gong Ji Cheol (Chul)
Nama panggilan : Gong Yoo
Tempat dan tanggal lahir : Busan, 10 Juli 1979
Agama : Katolik
Berat badan : 74 kg
Tinggi badan : 184 cm
Golongan darah : A
Hobi : Nonton film dan basket

2 komentar

  1. lihat orang ini mesti keinget Goblin, tapi nyatanya hantu yang di presentasikan drama korea ganteng ganteng dan cantik cantik hihihi. baik hati lagi wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ya drama Korea itu bikin gemes banget, hantu aja cakep-cakep hahaha

      Hapus