10 Makanan Tingkatkan Sistem Imun



Berita seputar COVID-19 sampai saat ini masih belum reda juga, Bahkan pada Selasa (28/4), dilansir dari halaman www.kompas.com jumlah pasien COVID-19 diseluruh dunia dikabarkan sudah menyentuh angka 3,06 juta orang. Dengan 211.537 pasien meninggal dunia dan 922.387 dinyatakan sembuh. Padahal pada hari sebelumnya, jumlah pasien COVID-19 masih dikabarkan sebanyak 3.004.887 orang.

Jadi pada masa pandemi ini tentu saja menjadi penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan kita. Nah, sekarang saya akan bahas 10 makanan yang bisa meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh kita. Simak, yuk!

1. Buah Sitrus



Hal itu karena vit C dapat membantu membangun sistem imun tubuh. Buah sitrus yang populer meliputi jeruk bali, jeruk, jeruk keprok, lemon, jeruk nipis, dan clementine. Vitamin C disebut meningkatkan produksi sel darah putih dan itu adalah kunci memerangi infeksi.

2. Paprika Merah


Jika Anda berpikir buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayuran, pikirkan lagi. Paprika merah mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dari jeruk. Paprika merah juga sumber beta karoten yang kaya. Selain meningkatkan sistem imun tubuh Anda, vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Beta karoten membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

3. Brokoli


Brokoli dilengkapi dengan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda santap. Kunci untuk mempertahankan kekuatannya adalah memasaknya secepat mungkin atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.

4. Bawang Putih


Bawang putih tidak hanya berfungsi menambah cita rasa makanan tapi juga bermanfaat untuk memerangi infeksi, menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh darah.

5. Jahe

Jahe adalah bahan lain yang sering digunakan saat sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, sakit tenggorokan serta membantu mengurangi mual.

6. Bayam


Bayam bukan hanya karena kaya akan vitamin C, tetapi juga antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi sistem kekebalan tubuh kita. Mirip dengan brokoli, bayam adalah yang paling sehat jika dimasak secepat mungkin sehingga bisa mempertahankan nutrisi. 

7. Yogurt

Yogurt dapat merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk membantu melawan penyakit. Sebagai sumber vit D yang hebat, yogurt mmebantu mengatur sistem kekebalan dan meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit. Konsumsi yogurt tawar daripada jenis-jenis yang sarat dengan gula.

8. Almond

Ternyata enggak cuma vitamin C aja yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita, melainkan juga vitamin E. Nah, kita bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond yang enggak cuma mengandung vitamin tapi juga lemak yang sehat.

9. Kunyit


Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. Kurkumin merupakan antioksidan yang turut berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh. Zat ini juga memiliki sifat antiradang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid artritis. Tak hanya itu, kunyit bahkan memiliki potensi untuk mengurangi risiko terjadinya sejumlah penyakit serius, seperti diabetes, demensia, gangguan jantung, hingga tumor.

10. Stoberi

Setengah cangkir stroberi sudah dapat memenuhi 50% dari kebutuhan vitamin C manusia per hari. menambahkan stroberi cincang ke yogurt, oatmeal atau dikonsumsi dengan roti gandum dan selai kacang atau smoothie.

Tidak ada komentar