5 Aplikasi Keuangan Terbaik di Play Store


Kemudahan akses dalam berbelanja atau membayar tagihan lewat online, sering kali justru menjebak konsumen pada hal-hal yang bersifat konsumtif. Dan melakukan pencatatan keuangan adalah salah satu langkah yang baik untuk mengontrol pengeluaran yang mungkin tak disadari.

Kamu pernah merasa enggak sih kalau gaji hanya numpang lewat dan permisi, lalu meninggalkan rekening dalam keadaan kosong tak berpenghuni? Duh rasanya pasti kesel banget ya? Pengen gitu rasanya memutar waktu dan kembali ke hari dimana gajian baru aja diterima lalu mengatur dana dengan benar.

Beli baju, jajan di restoran hits, repurchase skincare, nonton di bioskop, ngumpul sama teman sambil ngopi-ngopi cantik, travelling, beli buku, adalah segudang aktivitas seru yang bikin hidup terasa makin menyenangkan. Tapi tunggu, kamu sudah menyiapkan tabungan masa depan belum nih?

Charles A. Jaffe, seorang jawara olah raga catur di awal abad 20-an, pernah berkata, “Yang membuatmu kaya bukanlah besaran penghasilanmu, tapi kebiasanmu mengatur pengeluaran.”

Jadi kalau kamu merasa gajian cuma numpang lewat, mungkin bukan jumlah gaji yang jadi masalah tapi cara kamu mengatur keuangan yang belum tepat. Tapi kamu enggak perlu khawatir lagi, sekarang sudah banyak aplikasi yang dapat membantumu mengatur keuangan dan memantau pengeluaranmu lho.

Yuk simak apa saja ya aplikasinya

Catatan Keuangan Harian by AsyncByte Software

Dengan rating 4,7 bintang di jajaran Play Store, kamu cukup menyisihkan 2,7MB untuk dapat menikmati semua fitur dari aplikasi yang sangat mudah ini. Beberapa aktivitas keuangan yang bisa kamu lakukan adalah:
- Mencatat pengeluaran/ pembelanjaan harian
- Mencatat pendapatan
- Laporan pendapatan dan pengeluaran
- Laporan per bulan
- Laporan pengeluaran sesuai kategori
- Export laporan dan menyimpannya dalam format excel

Catatan Keuangan Harian by JMC IT CONSULTANT (Sepran)

Meski memiliki nama dan nilai rating yang sama, kamu jangan terkecoh saat mengunduh aplikasi ini ya. Dengan menyisihkan 12MB untuk menginstal aplikasi ini di ponsel pintar, kamu dapat menikmati fitur keren yang memudahkanmu dalam mengatur keuangan, lho.

Aplikasi yang sebelumnya dikenal dengan nama Sepran ini dapat digunakan tanpa kuota internet yang makin memudahkanmu dalam melakukan pencatatan. Ia juga memilki fitur notifikasi untuk memastikan kamu tak lupa mencatat pengeluaran atau pemasukan kamu. Dan tentu saja semua laporan keuangan kamu juga dapat diback up lewat Google Drive.


Catatan Keuangan by Chad Verbruggen

Dengan rating 4,7 bintang dan besaran aplikasi 5,4MB, aplikasi ini sudah diunduh seratus ribu lebih dan memiliki tiga ribu lebih ulasan positif. Aplikasi yang rilis pada 28 Februari 2019 ini memiliki fitur plus seperti menampilkan laporan dalam bentuk grafik pie chart, export laporan berupa pdf, excell, dan csv, serta mengganti mata uang. Tertarik untuk mencobanya?

Manajer Uang, Expense Tracker by Money Manager, Expense Tracker, Currency Exchange

Rating 4,6 bintang tersemat pada aplikasi yang hanya memakan ruang memori sebesar 4MB dan memiliki empat ribu lebih ulasan positif ini. Terdapat 10 pilihan bahasa yang membuat aplikasi ini makin banyak membantu orang dalam mengatur keuangan, tanpa iklan, tanpa batasan fitur, dan gratis.

Money Lover by Finsify


Tampil dengan label sebagai aplikasi pilihan editor, Money Lover memiliki rating 4,6 bintang dan 163 ribu ulasan positif. Kamu hanya cukup menyisihkan ruang sebesar 17 MB di memori ponsel pintar untuk dapat mmanfaatkan fitur pemantauan dan pengingat utang/ piutang, menggunakan mode pelancong/ turis, membagikan dompet pada rekan dan keluarga, mencadangkan dan memulihkan data lewat dropbox, dan sinkronisasi perangkat sehingga kamu dapat melakukan pencatatan di semua perangkat yang kamu miliki. Karena kemudahan dalam penggunaaannya, aplikasi Money Lover telah meraih Best of 2017 App, Google Top Developer, Editor’s Choice App, Best of 2016, 2017 Money Manager and Budget App on Android.

Dengan mengatur keuangan lewat aplikasi, kamu tentu juga dapat mengontrol pengeluaran hingga bisa menyisihkan dana untuk keperluan penting seperti biaya pengobatan dan pendidikan anak. Tentunya aplikasi ini enggak akan berpengaruh kalau kita enggak disiplin dalam menerapkan aturan yang sudah dibuat.

Nah sekarang ceritain dong tentang aplikasi keuangan pilihanmu di ponsel.

2 komentar

  1. Kalau jaman di pesantren dulu, pakai buku catatan. Pas catatan hilang, eh lupa siapa aja yang ngutang. Wkakaka..Kira-kira yang paling rekomendasi aplikasi yang mana ini mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh bahaya banget dong klo sampe ilang heheh

      Money Lover mungkin jadi pilihan menarik. Selamat mencoba

      Hapus