Nyobain Resep Dessert Box Puding Busa


Selama periode WFH, saya bener-bener bertekad untuk memanfaatkan waktu dengan belajar sesuatu yang baru. Berhubung saya favorit banget sama kue tart supermarket sedangkan jam operasional mall juga dibatasi, akhirnya saya nyoba nyari resep yang setidaknya agak-agak mewakili rasa dari kue tart.

Setelah mencari beberapa referensi di youtube, akhirnya saya pun memberanikan diri untuk membuatnya. Dan inilah hasilnya.


Bahan puding busa:

1 bks Agar-agar Swallow plain

3 sdm gula pasir

3 sdm susu kental manis

¼ sdt garam

¼ sdt vanila

250 ml air

3 butir kuning telur, kocok lepas

3 butir putih telur

 

Bahan cream:

100 air es

3 sdm susu bubuk

3 sdm susu kental manis

3 sdm gula pasir

1 sdm pengemulsi (SP)

 

Bahan isian:

biskuit sesuai selera, hancurkan.

Untuk desseret box ini biasanya dibuat 3 jenis adonan, namun kali ini saya hanya membuat 2 jenis adonan saja, yaitu puding busa dan creamnya. Teman-teman harus benar-benar memperhatikan bagaimana langkah pembuatan dessert box puding busa ini agar tidak perlu mengulang salah satu dari proses tersebut.

Cara membuat:

Campurkan semua bahan puding busa kecuali kuning telur, aduk hingga rata lalu masak dengan api kecil. Sambil menunggu puding busa mendidih, kocok putih telur dengan mixer hingga mengembang, lalu sisihkan.

Untuk mencampurkan kuning telur ke dalam adonan puding busa, teman-teman perlu mengambil sekitar 4 sendok makan adonan puding ke dalam mangkuk berisi kuning telur. Aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam adonan puding busa. Masak hingga mendidih.

Setelah adonan puding busa mendidih, angkat dan tuang ke dalam adonan putih telur. Aduk hingga rata. Teman-teman tidak perlu khawatir denganputih telur yang belum matang, ya. Karena adonan puding busa yang panas, akan membuat adonan putih telur juga matang. Tuang adonan puding busa dalam beberapa wadah sesuai selera, lalu biarkan mengeras.

Sekarang kita lanjut membuat adonan cream ya. Caranya campur semua bahan kecuali pengemulsi, mixer dengan kecepatan tinggi sekitar 10 menit. Lalu masukkan pengemulsi, mixer hingga mengembang sempurna. Sisihkan.

Sekarang kita masuk dalam penyajian ya. Tabutkan biskuit yang sudah dihancurkan di atas adonan puding busa. Disini saya menggunakan campuran biskuit regal dan oreo, namu teman-teman dapat menggantinya dengan biskuit kesukaan ya. Lalu tuangkan adonan cream di atasnya. Simpan dalam kulkas selama minimal 4 jam. Sajikan dingin.

Gimana teman-teman, tertarik untuk mencoba?

4 komentar