Menjaga Kebersihan Lingkungan Kerja saat Pandemi COVID-19

kebersihan lingkungan kerja


Tak lama setelah pandemi COVID-19 melanda hampir seluruh penjuru dunia, Organisasi Kesehatan Dunia- atau yang biasa disebut WHO, mengeluarkan sebuah hasil penelitian yang cukup mengejutkan. Bahwa penularan penyakit COVID-19 yang begitu cepat dapat diantisipasi dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Transportasi umum, sekolah, dan lingkungan kerja, menjadi tempat utama penyebaran virus COVID-19. Pandemi ini seolah membuka mata semua orang bahwa lingkungan yang tampak bersih secara kasat mata pun bisa menjadi media penularan penyakit. Itulah sebabnya pengelolaan kebersihan lingkungan harus dilakukan secara konsisten demi meminimalkan risiko penyakit menular.

Pemerintah Indonesia pun mengambil langkah cepat. Mengeluarkan kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) untuk para siswa dan Work From Home (WFH) bagi para pekerja kantor. Sedihnya hal ini juga berujung pada penutupan banyak tempat usaha dan keramaian demi menekan penyebaran virus yang begitu masif.

Namun demikian, ada 11 bidang usaha yang masih diperbolehkan untuk tetap beroperasi sebagaimana biasa meski masih dibatasi jam operasionalnya, seperti penyedia kesehatan, Bahan pangan/makanan/minuman, Energi, Komunikasi dan teknologi informatika, Keuangan, Logistik, Perhotelan, dan Konstruksi.

Karena itulah, meski masih diperbolehkan untuk tetap beroperasi, penyelenggara atau pemilik usaha perlu menerapkan standar kebersihan lingkungan kerja agar dapat mewujudkan lingkungan sehat dan mendukung aktivitas kantor.

Jadi hal-hal apa saja yang patut dilakukan untuk mengelola kebersihan lingkungan kerja? Yuk, langusng aja kita simak:

1. Menerapkan Prinsip Physical Distancing di Lingkungan Kantor

kebersihan lingkungan kerja

Cara sederhana yang cukup ampuh untuk meminimalkan risiko penyebaran penyakit menular adalah dengan menerapkan physical distancing (jaga jarak). Membatasi jumlah orang yang beraktivitas di kantor agar tidak terlalu padat dan memaksimal setengah dari kapasitas ruangan. Konsep physical distancing dapat berjalan lancar jika perusahaan menerapkan konsep bekerja dari rumah (Working From Home atau WFH) bagi para karyawannya secara bergantian. Selain WFH, pembatasan jam kerja juga bisa diberlakukan untuk para karyawan yang harus tetap masuk kerja setiap hari (misalnya operator mesin).

2. Memeriksa Suhu Tubuh Karyawan Sebelum Mulai Bekerja

Karyawan yang terbukti demam atau memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celcius sebaiknya diberi izin untuk tidak masuk kerja dan beristirahat di rumah hingga kondisinya pulih. Suhu tubuh yang tinggi adalah salah satu gejala penyakit menular yang sedang diidap seseorang. Jadi untuk mengantisipasi penularan penyakit, perusahaan sebaiknya menerapkan peraturan pemeriksaan suhu tubuh pada karyawan sebelum mulai bekerja. 

3. Menyiapkan Hand Sanitizer dan Tempat Cuci Tangan

kebersihan lingkungan kerja

Para karyawan sebaiknya diimbau untuk mencuci tangan dengan air dan sabun antiseptik atau menggunakan hand sanitizer yang telah disiapkan oleh perusahaan, sebelum dan sesudah bekerja. Lingkungan sehat di tempat kerja bisa diwujudkan dari hal-hal sederhana, salah satunya yaitu kebiasaan mencuci tangan secara teratur. Tangan yang selalu bersih akan mengurangi risiko wabah penyakit menular. Karena beraktivitas di tempat umum memang lebih berisiko tertular penyakit dibandingkan WFH.

4. menggunakan Disinfektan untuk Membersihkan Benda-Benda yang Sering Disentuh

Benda-benda kantor yang sering disentuh seperti gagang pintu, telepon, keyboard laptop, dan printer, sebaiknya dibersihkan dengan cairan desinfektan secara teratur, minimal dua kali sehari karena rentan menjadi media penularan penyakit. Kandungan desinfektan akan membantu membasmi mikroorganisme penyebab penyakit sehingga barang-barang di kantor kembali higienis.

Anda bisa menggunakan Wipol Cemara Professional sebagai desinfektan untuk membersihkan benda-benda yang sering disentuh. Caranya pun sangat mudah. Siapkan botol spray, tuang 150 ml Wipol Cemara Professional dan tambahkan air sebanyak 1 liter. Kocok-kocok dan cairan disinfektun pun siap digunakan.

5. Membersihkan Lantai dengan Produk pembersih Berkualitas

Kebersihan lantai juga tak boleh diabaikan karena sangat mempengaruhi kondisi lingkungan kerja. Lantai kantor harus dipel minimal dua kali sehari dengan produk pembersih berkualitas. Untuk urusan membersihkan lantai, Anda patut mempercayakannya pada Wipol Karbol Cemara Professional.

Wipol Cemara Professional merupakan produk pembersih lantai dengan kandungan desinfektan yang dirancang khusus untuk membersihkan kantor, kafe, restoran, dan tempat umum lainnya. Formula Pine Action dalam Wipol Karbol Cemara Profesional, terbukti ampuh membunuh kuman dan memberikan sensasi keharuman segar khas cemara. Lantai kantor tak hanya bersih sempurna tetapi juga harum sehingga membuat siapa pun merasa betah. Permukaan lantai yang bersih, kesat. dan mengkilap tentu akan membuat nyaman semua aktivitas pekerja.

6. Menjaga kebersihan Toilet Secara Disiplin

kebersihan lingkungan kerja

Toilet kantor juga harus mendapatkan perhatian khusus agar selalu bersih dan sehat. Jangan sampai toilet yang kotor dan lembap menjadi media penyebaran penyakit di kantor. Seluruh bagian toilet harus dibersihkan secara telaten, mulai dari atap, dinding, kaca, wastafel, kloset, hingga lantainya. Bila seluruh elemen toilet sudah bersih, jangan lupa menyemprotkan desinfektan secara berkala supaya toilet selalu higienis dan bebas bau tak sedap.

Tapi jangan sampai hanya kebersihan lingkungan kerja aja loh yang di jaga . Perhatikan juga kebersihan lingkungan rumah dan sekitar agar kita terhindar dari penyakit terlebih COVID-19 yang tengah melanda.

Oiya, bagi juga dong gimana usaha para petugas kebersihan kantormu menjaga lingkungan kerja. Ceritakan di kolom komentar ya..

12 komentar

  1. Langkah protokol kesehatan yang diterapkan di kantor pun gak beda jauh dengan di rumah, bedanya mungkin gak ada alat pengukur suhu gitu deh. Semoga dengan pandemi ini, masyarakat benar-benar sadar akan arti kebersihan diri dan lingkungan, sehingga akan terus diterapkan meski si CORONCE udah minggat....

    BalasHapus
  2. Menjaga kebersihan lingkungan memang sangat penting terutama saat di kantor. Saya karena seorang guru, juga tetap harus ke kantor untuk belajar daring. Jaga jarak dengan rekan kantor 1 meter, mencuci tangan setelah pencet tombol absensi, dan pake masker setiap waktu. Karena bagaimanapun kita harus ikhtiar untuk mencegah dampak covid19.

    BalasHapus
  3. Beberapa kali pernah nyoba yg selain Wipol, yang wanginya ada aroma bunga macam-macam itu. Eh ujung-ujungnya balik lagi dong ke Wipol. Hahahaha. Selain murah meriah, emang lebih bersih kok. Gak perlu keluar biaya mahal untuk mendesinfeksi lantai rumah biar bebas kuman.

    BalasHapus
  4. Dimanapun berada penerapan protokol kesehatan emang penting banget, terutama di tempat yang banyak orang lalu lalang. Perlu sedia produk desinfektan dan sejenisnya buat pemakaian tiap hari

    BalasHapus
  5. Aku pun di rumah pake wipol kak.
    Memang wangi atau aroma cemaranya bikin adem dan nyaman. Langsung berasa steril semua tempat yang dipel pake wipol.

    BalasHapus
  6. Aku di rumah pakai Wipol karena manfaat dan wanginya yang segar
    Benar jika menjaga kebersihan lingkungan kerja dan rumah penting adanya
    Karena tak hanya kebersihan diri yang akan melindungi diri dari penularan virus tapi juga lingkungan sekitar yang bersih

    BalasHapus
  7. Iya di kantor saya juga menerapkan poin-poin di atas. Karena gimanapun juga kita nggak mungkin bisa lama-lama libur atau wfh. Semoga dengan ikhtiar di atas bisa mencegah penularan covid-19

    BalasHapus
  8. Seneng deh pake Wipol ini... gak bau rumah sakit, jadinya tetep nyaman, wangi cemara di pegunungan. bikin good mood banget...semangat selalu menjaga kebersihan lingkungan!

    BalasHapus
  9. menjaga kebersihan lingkungan kerja penting bgt nih, kita ga tahu bawa apa aja kan dari sepanjang jalan rumah ke kantor..senengnya wipol itu wangi pinusnya itu

    BalasHapus
  10. Ibuku fanatik banget pake wipol Mbak. Hihi... Ga sedikit macamnya. Eh balik ke wipol lagi wipol lagi. Aromanya khas ya. Dan wangi cemara nya wipol itu belum ada tandingannya

    BalasHapus
  11. Untuk menjaga kebersihan lingkungan kerja , sekarang lift juga udah ga pakai di pencet ya kak, meja dan komputer juga harus steril ya.

    BalasHapus
  12. Bikin cairan disinfektan sendiri pake wipol cemara ini paling enak sih dibanding cairan yg lain. saya juga pake ini di rumah buat semprot-semprot bagian rumah depan yang sering dikunjungi orang lain. Jaga-jaga emang perlu, apalagi di temoat kerja ya.

    BalasHapus