Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ampuh Hilangkan Bau Ketiak


Pada usia berapa kamu tahu bahwa bau badan tidaklah sama dengan bau keringat?

Pada dasarnya keringat manusia tidaklah berbau, namun bakteri alami pada permukaan kulit yang memakan keringat itulah yang menjadi penyebabnya. Dalam dunia medis, bau badan dikenal sebagai bromhidrosis, yaitu suatu keadaan bau badan berlebih akibat pelepasan kelenjar keringat apokrin. Karena kondisi hangat dan lembab pada ketiak, menjadikan area tubuh ini ideal bagi bakteri untuk berkembang biak sehingga rentan mengeluarkan bau tak sedap.

Tak hanya menjadi penyebab bau tak sedap, keringat pada bagian ketiak juga sering kali menimbulkan masalah lain seperti bercak pada pakaian. Nah dari pada jengkel karena pakaian yang rusak akibat keringat berlebih, yuk kenali lebih dekat penyebab dan tips menghilangkan bau ketiak.

Penyebab Bau Ketiak Faktor Ilmiah

Ketiak merupakan bagian tubuh paling rentan yang menyebabkan masalah bau badan. Dan Bawdon, seorang dosen mikrobiologi Universitas York, dalam penelitiannya terhadap masalah bau badan dan ketiak mengemukakan bahwa bau ketiak disebabkan oleh adanya interaksi antara kandungan pada keringat dengan mikroba aktif (bakteri). Proses inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya produksi thioalchols-sebuah senyawa beraroma menyengat-yang menjadi penyebab bau tak sedap pada tubuh, terutama ketiak.

Bakteri pada ketiak dapat dikategorikan dalam dua jenis, yaitu corybacteria dan staphylococci. Corybacteria merupakan jenis bakteri yang menimbulkan bau pada ketiak, sedangkan staphylococci merupakan jenis bakteri yang tidak menimbulkan bau.

Penyebab Bau Ketiak Faktor Kebiasaan

Selain faktor ilmiah di atas, masalah bau ketiak juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari. Karena meski sama-sama berkeringat, nyatanya tak semua orang memiliki bau badan dan ketiak yang menyengat. Lalu kebiasaan apa saja yang menyebabkan bau ketiak?

1. Merokok dan Mengonsumsi Alkohol

Tak hanya membahayakan kesehatan, merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat memicu bau ketiak lho. Coba bayangkan gimana kalau asap rokok terus menempel pada baju dan badan seharian? Sedangkan sebagaimana kita tahu bahwa alkohol juga mengandung aroma yang cukup menyengat. Semakin sering seseorang merokok dan mengonsumsi alkohol, maka akan semakin berbau pula keringat yang dikeluarkan.

2. Mengidap Penyakit

Beberapa jenis penyakit dapat menjadi pemicu bau badan yang lebih menyengat bagi penderitanya, misalnya seeprti diabetes. 

3. Mengonsumsi Jenis Makanan Tertentu

Menyantap makanan beraroma kuat memang dapat meningkatkan selera makan, tapi apa jadinya jika hal itu justru berpengaruh pada bau badan dan ketiakmu? Hindari mengonsumsi banyak bawang-bawangan, rempah-rempah, dan juga fastfood untuk mengurangi penyebab bau badan, ya.

4. Berat Badan Berlebih

Berat badan yang berlebih cenderung mudah lelah dan berkeringat saat melakukan aktivitas disbanding kebanyakan orang. Jika hal ini tidak diimbangi dengan menjaga kebersihan tubuh, bukan tidak mungkin akan menjadi penyebab bau ketiak.

5. Stress

Saat seseorang mengalami stress, metabolisme tubuh tak bekerja dengan baik dan stabil. Hal ini akan menjadi penyebab tubuh lebih mudah berkeringat. Dan stress yang berkepanjangan ini dapat meningkatkan risiko bau badan dan ketiak.

Cara Permanen Menghilangkan Bau Ketiak

1. Perhatikan Kondisi Usus

Diketahui bahwa usus memiliki peranan penting dalam menimbulkan masalah bau badan dan ketiak. Jadi penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan usus dengan memilih makanan yang bersahabat dengan usus sehingga proses pembuangan racun dan zat-zat penyebab bau badan menjadi lancar.

2. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur tak hanya bermanfaat bagi kesehatan, namun juga membantu mengatasi masalah bau ketiak. Sebab keringat yang dikeluarkan saat banyak mengonsumsi sayur dan buah tak akan memiliki bau yang lebih menyengat dari pada saat mengonsumsi daging-dagingan.

3. Pilih Sabun Mandi yang Tepat

Menggunakan sabun mandi dengan kandungan mint atau yang dapat memberikan sensasi dingin untuk menambah kesegaran tubuh, merupakan sebuah keputusan yang tepat. Demikian juga dengan memilih sabun dengan kandungan antiseptik agar dapat mencegah tumbuhnya bakteri pada tubuh.

4. Olahraga Rutin

Enggak Cuma bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh aja, nyatanya rajin berolahraga juga bisa membantu mengatasi masalah bau ketiak, lho. Hal ini karena keringat yang dikeluarkan saat berolahraga juga dapat membuang bakteri dan kuman yang ada pada pori-pori kulit.

5. Pilih Deodoran yang Tepat

Deodorant yang mengandung antiperspirant ternyata memiliki dua keuntungan, yaitu mengurangi bau ketiak dan juga mencegah keringat berlebih penyebab bau. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa mencoba produk deodoran dengan antiperspirant dari Rexona yang dirancang dengan teknologi mutakhir dan efisien untuk melawan bau badan dan ketiak.


Posting Komentar untuk "Tips Ampuh Hilangkan Bau Ketiak"