7 Ide Unik Souvenir Pernikahan



Hai.. hai.. hai..

Setelah merilis dua tulisan dengan tema kado unik untuk pernikahan, saya jadi kepikiran untuk sekalian membahas ide souvenir pernikahan yang unik. Sebenernya sih enggak tiba-tiba kepikiran gitu, jujur aja ide ini terlintas saat saya enggak sengaja baca sebuah tulisan di Quora. Iya, beberapa bulan belakangan saya emang cukup aktif berselancar dan menulis sedikit pengalaman di platform berlambang huruf "Q" itu hehehe

Biasanya nih barang-barang yang diberikan sebagai souvenir pernikahan, ada : alat makan, gantungan kunci, gelas dengan sablon nama pengantin, kipas, sendok nasi, dompet koin mini, pembuka botol, atau juga sapu tangan mini yang dibentuk unik. Tapi seiring berjalannya waktu, barang-barang tersebut tak lagi menjadi pilihan utama sebagai souvenir pernikahan. Hal ini juga dipicu oleh tren hidup minimalis yang makin menjalar di kalangan generasi muda.

Dari tulisan yang sama, saya membaca komentar betapa orang-orang kini lebih mengedepankan manfaat dari sebuah barang yang mereka bawa pulang atau simpan, termasuk juga souvenir pernikahan. Nah barang apa aja sih yang sekarang diinginkan generasi muda sebagai souvenir pernikahan? Yuk kita bahas satu per satu.

1. Makanan

Masih bingung menentukan souvenir pernikahan padahal tenggat waktu semakin dekat? Enggak perlu pusing, Kawan. Memilih makanan sebagai souvenir pernikahan bisa jadi sesuatu yang bijak lho. Permen, cokelat, kue basah/kering, bisa jadi ide yang cukup menarik sebagai souvenir pernikahan.

2. Dompet kartu

Barang yang satu ini juga bisa lho jadi salah satu pilihan unik sebagai souvenir pernikahan. Dengan bentuknya yang simple, dompet kartu sangat sesuai memenuhi keinginan generasi muda yang enggak mau ribet bawa dompet tebal saat bepergian. Cukup bawa beberapa kartu penting dan sedikit uang, udah bisa langsung jalan.

3. Bubuk kopi/teh

Meningkatnya konsumsi kopi dan teh di kalangan muda, juga berimbas pada tren menjadikan bubuk kopi/teh sebagai souvenir pernikahan. Selain harganya yang cukup murah, keduanya juga bisa dinikmati oleh banyak orang.

4. Lanyard

Kamu juga bisa menjadikan barang ini sebagai salah satu pilihan souvenir pernikahan unik. Selain mengingat manfaat dan harganya yang terjangkau, kamu juga bisa menentukan motif unik pada lanyard pesananmu. Menyisipkan pesan cinta atau gambar hewan kesayangan, bisa jadi pilihan.

5. Kertas sabun


Barang yang satu ini mungkin enggak terlalu familiar bagi sebagian orang. Tapi manfaatnya juga enggak bisa diabaikan begitu aja. Bentuknya yang unik dengan warna warni nan cantik, udah bisa bikin kamu menjatuhkannya sebagai pilihan souvenir pernikahan.

6. Mangkuk sambal

Saya sengaja memasukannya sebagai salah satu pilihan ide unik souvenir pernikahan, karena pernah mendapatkan mangkuk sambal pada sebuah resepsi seorang teman. Lucu sih tapi ternyata bermanfaat banget buat saya yang emang suka makan dengan cocolan saos atau mayonais.

7. Photobooth

Barang yang satu ini masih lumayan jarang ditemui sebagai souvenir pernikahan. Dulu, saya juga sempat menjadikannya pilihan saat merencanakan pernikahan dengan mas mantan. Yah walau rencana itu harus gagal karena hubungan kami bubar jalan dan sampai sekarang saya masih belum nemu pasangan. Kalau ada yang mau gantiin, boleh loh kontak saya hehehe *malah promosi *dijitak

Mengingat momen seru saat datang ke sebuah acara pernikahan teman, OK juga lho

Nah itu tadi 7 ide unik souvenir pernikahan yang bisa kamu pertimbangkan. Sayang juga kan uang yang udah dikeluarkan untuk beli souvenir kalau nanti barangnya justru enggak bermanfaat bagi orang lain. Akhirnya malah jadi sampah dan dibuang. Duh, kan sedih ya..

Nah kalau kamu pengennya dapet souvenir pernikahan apa nih? Ceritain dong di kolom komentar, siapa tau kita bisa bikin bagian selanjutnya.

Ciao!

10 komentar

  1. Souvenir pernikahan memang banyak ragamnya saat ini. Jadi tinggal pilih aja bisa sesuai selera ya. Sudah banyak tuh di daerah saya yang menjual souvenir2 pernikahan. Jadi pesan jadi lebih mudah.

    Souvenir pernikahan yang paling disukai adalah barang2 harian seperti tas, dompet, dll. Hehe

    BalasHapus
  2. Kayaknya Photobooth itu lumayan mahal. Bener nggak sih? Hehe... Tapi itu souvenir cantik sih. Biasanya emang yg aku dapat kaya mangkuk atau mug atau gantunhan.. Haha

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu ada souvenir kertas sabun
    Jadi itu kertasnya beneran bisa dipakai buat cuci-cuci gitu ya
    Aih praktis banget ini. Jadi penasaran aku

    BalasHapus
  4. Saya senang sekali kalo dapat bubuk kopi atau teh sekiranya datang ke kondangan teman. Enak aja, bisa buat diminum di rumah. Apalagi kalo kopinya kopi Nusantara dari berbagai daerah. Waaah, istimewa.

    BalasHapus
  5. Yang paling unnik menurtku kertass sabun itu. Praktis banget. :)
    Kalau aku pengennya buku saku. Biar awet.

    Btw, semoga jodohnya segera datang ya Mba biar souvenirnya bisa langsung eksekusi. :)

    BalasHapus
  6. Mikirin souvernir pas nikah emang gampang-gamlaang susah. Apalagi kalau bicara soal unik dan harganya wkwk

    BalasHapus
  7. Kalau saya dulu mainstream banget. Kipas, dompet, dan gantungan kunci. Yang penting semampunya dan niatnya ikhlas. Tapi kalau customized pasti akan lebih istimewa dan unik ya

    BalasHapus
  8. Wah, pilihannya bagus dan unik kak. Kalau saya nikah dulu mah biasa aja, souvenir gelas plus tutupnya, hehe.

    BalasHapus
  9. Bubuk kopi/teh sekarang sudah bisa jadi suvenir pernikahan, ya mbak?
    Wahh unik, ya.
    Suvenir sekarang lebih ke cepat digunakan daripada disimpan, beda sama zaman saya nikah duluu, hehe.
    Btw situnggu foto suvenir Mb Endah, nih.
    Salam kenal, ya mbak.

    BalasHapus

  10. Jadi itu kertasnya beneran bisa dipakai buat cuci-cuci gitu ya
    Keren sih praktis banget ini. Jadi penasaran aku

    BalasHapus