Stand by Me Doaremon 2 : Nangis Lagi


Setelah film pertamanya yang rilis enam tahun lalu, awalnya saya mengira bahwa petualangan kisah Nobita dan Si Kucing Ajaib dari Abad ke 22 ini sudah selesai. Jadi saat saya denger berita ia kembali melanjutkan kisah, saya penasaran banget bagaimana nih sama jalan ceritanya.

Shizuka akhirnya benar-benar memutuskan untuk menikah dengan Nobita. Namun pada hari yang ditentukan, sang mempelai pria justru menghilang. Tak ingin mimpinya hancur, Nobita kecil dan Doraemon pun berusaha menemukan keberadaan sosok Nobita dewasa.

Perjalanan sepasang sahabat dalam mencari Nobita dewasa justru membawa Nobita kecil pada kehidupan masa lalunya. Pada hal-hal yang sempat ia lupakan dan sepelekan. Serta pada janji yang belum sempat ia tuntaskan.

Namun usaha mereka untuk membawa Nobita dewasa kembali pada takdirnya, ternyata benar-benar tak mudah. Berkejaran dengan waktu, dan satu kesalahan saja bisa membuat mereka hampir kehilangan kehidupan yang sesungguhnya.

***

Sebagai pecinta petualangan Si Kucing Ajaib Abad 22, film ini membuat saya merasa ‘hangat’. Saat mengetahui bahwa petualangan sepasang sahabat sejati ini kembali, saya sama sekali tak memiliki gambaran bagaimana film akan membangun kisahnya. Apalagi sih yang dapat digali dari sosok bocah gugup yang kini telah dewasa?


Meski plot berjalan agak lambat, alur film yang terus maju mundur melintasi waktu, ternyata berhasil memainkan emosi penonton. Meski kita tahu bahwa film ini akan berakhir bahagia, namun tentu saja menyaksikan bagaimana jalan cerita berjalan masih membuat jantung saya berdegub kencang.

Emang sih secara logika, keputusan Shizuka memilih mendampingi Nobita kedengeran agak sedikit enggak masuk akal. Teori yang saya dengar kan b Nobita kecil menderita disleksia atau gangguan belajar yang ditandai dengan kesulitan membaca hingga menyebabkannya selalu mendapat nilai buruk di sekolah, tapi melihat bahwa ia telah tumbuh menjadi pria dewasa dengan baik,  membuat saya menebak bahwa mungkin ia telah mendapat bantuan yang cukup untuk mengatasi hal tersebut. Jadi kalau dipikir-pikir ya keputusan Shizuka memilih mendampingi Nobita enggak terlalu mustahil. Namun mengetahui bahwa Nobita ternyata memiliki hati yang begitu teguh, bisa jadi alasan paling kuat yang membuat Shizuka yakin untuk tetap mendampinginya sampai sisa usia.

Pada beberapa bagian, Stand by Me Doraemon 2 enggak cuma berhasil bikin mata saya berkaca-kaca. Saya bahkan sampai harus menahan tangis yang tersedu-sedu karena sangat terharu.

in a nut shell..

Stand by Me Doraemon 2 membuat kita mengenal sisi lain dari sosok Nobita—sang bocah tokoh utama— dan sahabatnya dari abad 22, Dorameon.  Ia yang selama ini sering kali membuat kita kesal, ternyata memiliki pemikiran yang begitu dalam. Dan melihat bagaimana perjuangannya demi sang kekasih hati, ia berhasil menyindir nurani saya yang paling dalam. Lalu sebuah pertanyaan pun terngiang-ngiang di kepala, “Apa yang sudah kulakukan demi orang-orang tercinta?”



Judul : Stand by Me Doraemon 2

Rilis : 19 Februari 2021

Sutradara    : Ryuichi Yagi, Takashi Yamazaki

Produksi         : Shin-Ei Animation, Shirogumi, Robot Communications

Distribusi : CBI Pictures

Durasi : 96 menit

Pemeran : Megumi Oohara, Satoshi Tsumabuki, Wasabi Mizuta, Yumi Kakazu, Kotono Mitsuishi, Nobuko Miyamoto, Subaru Kimura, Tomokazu Seki

Tidak ada komentar