Wajib Tahu! 5 Tips Sewa Apartemen Bulanan


Beberapa hari yang lalu, saya sempat melihat sebuah cuitan seorang dokter yang lumayan terkenal di media sosial Twitter tentang hunian apartemen pribadinya yang ingin disewakan. Sebenarnya penawaran semacam ini memang mulai sering ditemui sih, menyasar kalangan generasi muda yang ingin belajar hidup mandiri atau membiasakan untuk tinggal di tempat hunian pribadi.


Selain alasan lokasi yang strategis, tersedianya berbagai fasilitas penunjang dengan jarak yang dekat juga menjadi pertimbangan yang membuat banyak orang memilih Apartemen daripada rumah tapak. Dan sewa apartemen bulanan dapat menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan hunian idaman yang menarik.


Dengan tinggal di lokasi yang strategis, seperti dekat dengan area universitas, perkantoran, industri, dan atau layanan kesehatan, tentunya akan lebih memudahkanmu untuk beraktivitas. Selain tentu saja kamu juga bisa menghemat waktu tempuh bahkan biaya transportasi.


Berbagai fasilitas menarik juga biasanya kamu dapatkan jika menyewa apartemen bulanan, misalnya fasilitas kebugaran, layanan keamanan 24 jam, hingga pusat perbelanjaan mandiri. Ditambah lagi, kamu tidak perlu memikirkan bagaimana memelihara bangunan yang kamu tempati, karena semua itu telah diurus oleh pengelola.


Namun, segala fasilitas dan kepraktisan tersebut tentunya dikenakan biaya tambahan. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin menyewa Apartemen bulanan, jangan lupa untuk menyisihkan anggaran ekstra untuk biaya tambahan lain-lain tersebut, ya.


sumber : www.jendela360.com

Nah, jika kamu adalah salah satu orang yang berminat untuk menyewa apartemen bulanan demi menunjang gaya hidup yang praktis, maka kamu wajib mengikuti tips sewa apartemen bulanan berikut ini.

1. Tentukan Anggaran

Kebanyakan orang hanya memikirkan total dari biaya sewa apartemen bulanan saja, dan ini merupakan hal yang salah. Sebaiknya sebelum kamu memutuskan untuk menyewa apartemen, siapkan juga anggaran ekstra untuk biaya lain-lain di luar uang sewa.

Pertimbangkan juga biaya pindahan, biaya perabotan jika kamu memilih apartemen dengan kondisi kosong, selain itu ada juga uang jaminan, biaya perawatan dan lain-lain yang perlu kamu perhatikan.

Selain itu, tak dapat dipungkiri lagi bahwa nilai suatu properti apalagi apartemen yang berada di pusat kota akan sangat fantastis. Nah, jika kamu ingin menghemat biaya sewa karena anggaran yang terbatas, maka sebaiknya kamu memilih apartemen yang tidak berada di pusat kota, asalkan akses ke tempat kamu beraktifitas tetap mudah dan tidak memakan biaya transportasi yang besar.

2. Pilih sesuai kebutuhan

Pilihlah Apartemen yang sesuai dengan kebutuhanmu, karena tidak sedikit orang yang memilih hunian mereka hanya karena keinginan yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Pikirkan apakah apartemen tersebut dekat dengan tempat kamu beraktifitas sehari-hari, karena dengan begitu kamu mungkin saja bisa menghemat biaya transportasi.

Selain itu, kamu juga harus melihat fasilitas-fasilitas yang ditawarkan, sadari apakah kemudahan yang diberikan fasilitas tersebut akan setimpal dengan biaya yang harus kamu keluarkan.

Kalau kamu sudah memiliki furnitur sendiri, tentu lebih baik jika kamu menyewa apartemen yang kosong tanpa furnitur karena biayanya jauh lebih murah. Namun jika sebaliknya, kamu bisa memperhitungkan untuk menyewa apartemen yang sudah terisi furnitur atau dengan kamu membeli furnitur sendiri.

Jika kamu memutuskan untuk membeli furnitur sendiri, kamu bisa mencari pusat perbelanjaan yang menawarkan diskon atau mencari perabotan bekas namun dengan kualitas yang masih baik. Perabotan multifungsi juga dapat dijadikan pilihan.

3. Buat kesepakatan tertulis

Kesepakatan hitam di atas putih, nantinya harus kamu buat sebagai tanda adanya kerjasama antara penyewa dan pemilih apartemen, sehingga kesepakatan ini dapat menjadi acuan jika suatu hari ada masalah dengan Apartemenmu.

Biasanya di dalam kesepakatan penyewaan apartemen bulanan ataupun tahunan akan tercantum beberapa informasi dan poin penting, seperti biaya uang sewa serta rincian biaya-biaya lainnya, jangka wakut dan fasilitas yang tersedia di apartemen tersebut.

Saat membuat kesepakatan ini, kamu juga harus mengetahui aturan dan kewajiban yang berlaku sebagai penyewa, termasuk sanksi dan denda juga ada perabotan atau fsilitas yang mengalami kerusakan.

4. Berikan dokumen dan uang sewa


Biasanya kamu perlu memberikan identitas diri kepada pemilik Apartemen, terkadang bahkan diperlukan bukti tertulis bahwa kamu memiliki kemampuan finansial untuk membayar uang sewa serta biaya lainnya untuk jangkan waktu yang telah ditentukan.


sumber : www.Jendela360.com


Beberapa pemilik apartemen juga terkadang akan meminta uang deposit atau jaminan apabila suatu hari nanti terjadi kerusakan atau pelanggaran dari perjanjian yang telah ditentukan. Namun jika sampai akhir masa sewa tidak terjadi masalah, maka uang tersebut akan dikembalikan.


Uang muka juga diperlukan sebagai pengikat bahwa unit apartemen tersebut sudah disewakan untukmu dan tidak boleh ditawarkan kepada orang lain. Jumlah uang muka itu sendiri tergantung kesepakatan antara penyewa dan pemilik,namun biasanya tidak melewati 50% dari total biaya sewa.

Menyewa apartemen bulanan dapat menjadi pilihan menarik bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas, karena anggaran yang dikeluarkan lebih kecil dalam satu periode daripada kamu menyewanya secara tahunan.


Selain 4 tips menyewa apartemen bulanan yang bisa kamu ikuti di atas, masih ada 1 tips lagi yang wajib kamu ikuti agar kamu tidak salah dalam memilih apartemen bulanan yang kamu inginkan.

5. Survei langsung


Mencari informasi mengenai sewa apartemen bulanan via online adalah hal yang wajib kamu lakukan, misalnya dengan mengunjungi situs Jendela360 yang menyediakan berbagai informasi dan pilihan apartemen terbaik di Indonesia dengan proses pencarian yang nyaman dan transparan.


Jendela360 menyediakan beragam unit apartemen yang berada di kota-kota besar dengan lokasi strategis yang bisa kamu pilih sesuai dengan anggaran yang kamu miliki. Jendela360 juga didukung dengan customer service yang responsif sehingga bisa membantumu mendapatkan pilihan apartemen yang terbaik.


Dengan mengunjungi Jendela360 kamu bisa mendapatkan apartemen yang sesuai dengan kebutuhanmu tanpa harus membuang waktu dan tenaga. Selain itu, di Jendela360 juga terdapat fitur 360 Virtual Tour yang memungkinkan kamu untuk melakukan survey apartemen seperti kamu datang langsung ke sana.


Nah kalau kamu punya pengalaman apa nih dalam mencari apartemen impian? Ceritain dong di kolom komentar *_^

Tidak ada komentar