Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Favorit Membuat Kopi ala Cafe


Sebagai penikmat kopi yang (dulunya) juga seneng nongkrong di cafe, sejak bertambahnya usia dan mulai lebih menikmati waktu rebahan di kasur sepulang kerja, tanpa sadar saya jadi mengurangi intensitas nongkrong di kedai kopi. Apalagi sejak enggak punya temen kencan huhuhu

Gara-gara seneng minum kopi, saya bahkan sempet juga loh kecanduan. Seluruh badan, dari ujung kepala sampai kaki, rasanya sakit banget. Ya iyalah, gimana enggak kecanduan, saya bisa minum kopi hitam sampai 3 gelas besar bahkan lebih dalam sehari saat nyusun skripsi. Nah pas langsung mengurangi dosisnya, ya sakau. Saya sadar kalau kebanyakan minum kopi juga enggak baik buat kesehatan. Jadi ya tetep dikuat-kuatin lah buat mengurangi konsumsi kopi.

Tapi ya namanya juga penikmat kopi, tentu aja rasa kangen menikmati sajian kopi ala cafe masih sesekali muncul. Walau apa daya, sejak pandemi COVID-19 melanda, acara nongkrong-nongkrong di cafe sudah di larang. Kalau mau nekad, jangan protes saat dibubarkan oleh petugas. Yah lebih baik nurut aja kan sama anjuran pemerintah untuk tetep diam di rumah supaya pandemi segera selesai.

Beruntungnya saya udah punya alat seduh kopi ala cafe sendiri dan cukup sering bikin seduhan kopi favorit dengan alat itu. Aplagi kalau hari sedang turun hujan, ditambah sepiring pisang goreng, aduh rasanya udah indah banget dunia ini xixixi

Tanpa berlama-lama, begini cara saya menikmati secangkir kopi asik

Vietnam Drip


Cara menikmati kopi dengan Vietnam Drip adalah kesukaanku paling nomor satu. Dengan cara ini, kita bisa menikmati sajian kopi espresso dengan rasa yang lumayan kuat gitu. Ditambah dengan susu kental manis sebagai campuran, kopi yang diseduh dengan cara ini akan terasa makin nikmat. Biasanya tersedia 3 atau 4 komponen dalam setiap alat vietnam drip.

Cara menyeduh:
Siapkan 15 gr kopi giling medium lalu masukan ke alat vietnam drip. Tekan-tekan dengan lembut dengan alat yang disediakan (alat jangan dicabut). Lalu tuangkan sedikit air panas (85-90 derajat - diamkan air selama 2 menit setelah mendidih), diamkan selama 20 detik untuk proses karbonasi. Setelah air habis menetes sempurna, tuangkan air lagi sampai menenuhi vietnam drip lalu tutup dengan alat penutup yang ada.

French Press


Walau pun saya agak lebih jarang menyeduh kopi dengan french press, namun sesekali saya masih kangen sama rasa yang dihasilkan sama metode seduh dengan cara ini. Dasar galau xixixi

Cara menyeduh:
Siapkan 15 gr kopi giling medium, lalu masukan ke dalam french press. Tuangkan air panas (90-93 derajat - diamkan air selama 30 detik setelah mendidih), aduk secara perlahan dan diamkan 3-4 menit sebagai proses ekstraksi. Lalu tekan pelan kopi seduh dengan alat plunger.

Salah satu alasan saya memutuskan membeli alat seduh kopi vietnam drip dan french press adalah karena harganya yang cukup terjangkau sekaligus lebih sederhana dibanding dengan metode seduh kopi yang lainnya. Tapi enggak menutup kemungkinan saya akan mencoba metode lain dalam menyeduh kopi seperti V60 dan lainnya.

Kalau kamu, suka minum kopi juga enggak? Ceritain dong gimana cara kamu menikmati kopi favorit, siapa tau saya juga bisa nyontek hehehe

Salam hangat dan selalu jaga kesehatan yaaa...

Posting Komentar untuk "Cara Favorit Membuat Kopi ala Cafe"