Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belle - The Dragon and Freckled Princess : Pesan tentang Perlindungan Anak

 


Sinopsis

Suzu Naito (Kaho Nakamura) adalah gadis pendiam berusia 17 tahun yang sejak kematian sang ibu jadi menutup diri dan kesulitan bersosialisasi bahkan dengan ayahnya sendiri. Lalu suatu hari Suzu mendengar tentang “U”, sebuah aplikasi media sosial yang dapat melahirkan avatar baru dan unik bagi setiap penggunanya.

Akibat trauma masa kecil yang dimiliki setelah kehilangan orang terdekatnya, Suzu yang kesulitan beradaptasi dengan dunia luar akhirnya tertarik mencoba aplikasi yang mengaku telah memiliki pengguna lebih dari 5 miliar ini. Ia seakan ingin melatih dirinya untuk berinteraksi dengan orang lain lewat U. Dibantu sahabatnya, Suzu menjelma menjadi Belle, seorang penyanyi bersuara merdu yang senantiasa tampil dengan gaun indah.

Selera musiknya yang tak biasa membuat Suzu dengan cepat memiliki banyak pengikut hingga pada sebuah konsernya, sebuah serangan mengganggu kubah acaranya. Pertempuran Naga- avatar menyeramkan penuh luka di punggung dan terkenal sering mengacaukan avatar lain- dengan para penjaga, membuat konser Suzu berhenti. Namun tak seperti kebanyakan orang yang akhirnya membenci Naga, Suzu merasa ada sesuatu hal aneh.

Dibantu sang sahabat, Suzu mulai mencari kebenaran tentang Naga hingga kemudian ia menyadari bahwa Naga yang menyeramkan adalah refleksi sepasang kakak beradik yang terluka jiwanya. Dapatkah Suzu melewati batas demi menyelamatkan mereka?

Ulasan

Sekilas, tampilan Belle akan mengingatkan kita pada salah satu cerita milik Disney berjudul Beauty and The Beast. Dimana kita dapat menjumpai karakter berwujud seram yang tinggal di kastil megah, kebun mawar merah, dan seorang perempuan cantik nan baik hati yang tak takut pada sang monster. Namun tentu saja keduanya memiliki cerita yang berbeda. Tak hanya fokus pada kisah cinta dua orang dewasa, Belle justru ingin menyampaikan pesan yang lebih dalam lagi.

Berdurasi dua jam lebih, Belle memiliki pembuka yang cukup panjang. Namun bahkan meski demikian, ia masih kehilangan beberapa puzzle yang membuat ceritanya terasa tak lengkap. Sayangnya Belle justru beberapa kali seperti ingin menghamburkan durasi dengan mengulang beberapa kalimat pada awal film yang sebenarnya tak perlu.


Melalui Belle - The Dragon and Freckled Princess, Mamoru Hosoda kembali mengingatkan kita tentang pentingnya sebuah kepedulian terhadap sesama. Membawa tokoh Suzu- yang kesulitan menjalani hidup setelah kepergian sang ibu namun mendapat dukungan tanpa henti dari keluarga, sahabat, dan orang-orang di sekitarnya hingga akhirnya ia mampu kembali berdiri dan bangkit- sebagai contoh.

Memiliki visual dan musik yang sangat megah, film Belle benar-benar menarik untuk ditonton bersama keluarga dan teman tercinta.

Judul                  : Belle – The Dragon and Freckled Princess

Rilis                     : 12 Januari 2022

Sutradara         : Mamoru Hosoda

Produksi            : Studi Chizu

Produser           : Nozomu Takahashi, Yuichiro Saito, Toshimi Tanio, Genki Kawamura

Distibutor         : Toho

Genre                 : Fiction

Durasi                : 124 menit

Pemain              : Kaho Nakamura, Ryo Narita, Shota Sometani, Tina Tamshiro, Lilas Ikuta, Koji Yakusho, Takeru Satoh

Posting Komentar untuk "Belle - The Dragon and Freckled Princess : Pesan tentang Perlindungan Anak"