BROKER (2022) : KESEMPATAN BAGI SANG BAYI


SINOPSIS


Sang Hyun telah bertahun-tahun berkecimpung dalam bisnis binatu, namun usahanya itu tak jua membuat ekonominya membaik. Ia justru terlilit hutang rentenir dan terancam kehilangan kios kecilnya. Hal yang juga membuat keluarga kecilnya hancur, dimana ia ditinggalkan sang istri yang membawa putrinya turut serta.

Dong Soo, seorang pemuda yang menghabiskan seluruh hidupnya di panti asuhan karena ditinggalkan sang ibu. Berbekal sepucuk surat yang ditinggalkan, Dong Soo sempat berharap bahwa ibunya akan kembali menjemput, dan mereka akan hidup bersama lagi. Namun setelah bertahun-tahun bertahan, ia bahkan tak lagi mendengar kabar apapun darinya.



Keduanya bertemu, bekerja sama, untuk mencarikan orang tua baru bagi bayi-bayi yang ditinggalkan oleh ibu yang tak siap menghadapi masalah mereka sendirian. Dengan dalih memberi kehidupan dan masa depan yang lebih baik bagi sang bayi dan sang ibu, serta kebahagiaan bagi orang tua yang mendambakan seorang anak.

Hingga suatu hari mereka bertemu dengan So Young, ibu Woo Sung, seorang bayi yang ditinggalkan di pintu panti tempat Dong Soo bekerja paruh waktu. Mereka mengajak So Young bekerja sama mencarikan orang tua baru bagi Woo Song.

Namun kebersamaan yang terjalin selama beberapa hari justru membuat mereka ragu untuk melanjutkan usahanya atau tidak.

ULASAN

Sebagai sebuah film yang bercerita tentang kelompok makelar bayi, Kore-eda Hirokazu sebagai sutradara menyajikan BROKER seperti sebuah cermin yang pecah. Dimana setiap orang yang memegang pecahannya akan melihat sisi pandang yang berbeda antar satu sama lain.



Alur yang lambat dan dialog yang menghangatkan, menjadikan BROKER terasa begitu menyentuh. Namun bagi penonton yang tak suka dengan pace lambat, dengan durasi lebjh dari 2 jam, ia mungkin akan sedikit menganggu. Tapi tentu saja bagaimana bisa kita bosan dengan akting para senior seperti Gang Dong Won, Song Kang Ho, dan Bae Doona, bahkan IU sebagai pendatang baru yang juga memikat?

Saya enggak akan lupa gimana cakepnya IU ngomel-ngomel walau pake bahasa kasar! Hahah

Konflik yang dibangun dan perjalanan para tokoh dalam film, berhasil membuat penonton mulai mempertanyakan sisi benar dan salah. Apakah kita yakin bahwa apa yang kita percayai selama ini adalah kebenaran atau hanya pendapat egois yang tak mau mendengar sisi lainnya?

Judul : BROKER
Rilis : 14 Juni 2022
Sutradara : Kore-eda Hirokazu
Produksi :
Distributor : 
Genre : drama
Durasi : 129 menit
Pemain : Gang Dong Won, Bae Doona, Song Kang Ho, IU

Tidak ada komentar