ALIENOID : PENCARIAN BILAH ILAHI

SINOPSIS

Ean, seorang gadis kecil berusia sekitar 9 tahun  melaporkan kepada polisi bahwa ayahnya bukanlah seorang manusia, melainkan robot yang menculik dan membesarkannya untuk tujuan penelitian ilmiah. Karena hal ini, sang ayah pun dipanggil ke sekolah. 

Sesampainya di rumah, alih-alih menghukum tindakan Ean, sang ayah justru membuka semua rahasia yang membuat sang putri penasaran. Sosok ayah yang membesarkannya memang bukanlah manusia, melainkan seorang Penjaga para tawanan dari semesta yang lain. Sang Penjaga bertugas memastikan bahwa proses pemindahan para tawanan ke bumi berjalan lancar dan tak ada yang melarikan diri. Para tawanan tersebut kemudian dipenjara dalam tubuh manusia bumi, tepatnya di dalam pikiran mereka.

Hingga kemudian sebuah pesan darurat datang: beberapa tawanan berhasil kabur dan membuat keributan. Tapi yang paling berbahaya adalah salah satu dari tawanan itu merupakan pemberontak paling berpengaruh di planet asalnya, dan mereka berencana menjadikan bumi sebagai tempat tinggalnya serta membunuh semua manusia.

Ean yang mengetahui bahwa kekuatan sang ayah yang seorang Penjaga melemah akibat pertarungan sebelumnya, mengusulkan untuk membuka gerbang waktu demi menjebak para penjahat. 

Sementara itu di tempat yang lain, Mu Ruk, seorang pemburu hadiah, tengah mencari benda pusaka bernama Bilah Ilahi yang diyakini memiliki kekuatan sangat besar dan sang pemilik dapat melakukan apapun termasuk mengendalikan gerbang waktu. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan seorang gadis buronan bergelar Guntur yang terkenal memiliki senjata yang berbunyi seperti guntur. Sang gadis memperkenalkan diri sebagai Ean, pemilik asli Bilah Ilahi. 

Sejak pertemuan mereka, Mu Ruk yang merasa pernah bertemu sang gadis di suatu tempat, tiba-tiba sering mendapat pengelihatan akan masa lalunya yang seolah hilang.


Merasa berada di pihak yang sama, Mu Ruk dan Ean sepakat bersekutu dalam menemukan benda pusaka. Karena ternyata bukan hanya mereka yang mengejar Bilah Ilahi, melainkan juga sekelompok alien yang bangkit setelah sebelumnya tertawan dalam tubuh manusia. 

ULASAN 

Seolah tahu apa yang diinginkan dari penonton akan sebuah cerita tentang makhluk luar angkasa, ALIENOID seperti sajian paket lengkap yang memuaskan dahaga para penikmat film. Dari mulai alur cerita, gaya bertarung, konflik yang diangkat, penampakan alien, kostum para aktor, serta bentukan pesawat luar angkasa yang keren nan bergaya. Semua tersaji lengkap dan mengenyangkan.


Meski memiliki durasi sepanjang 142 menit atau sekitar 2,5 jam, film ini sama sekali enggak bikin ngantuk. Rasa penasaran terus datang seiring dengan kisah yang makin menegangkan. Pertarungan demi pertarungan yang terus hadir juga tak serta merta membuat bosan. Apalagi adanya selipan komedi di antara dialog para tokoh, terasa sangat segar.

Sosok dingin sang Penjaga yang diperankan oleh aktor terkenal Korea Selatan, Kim Woo Bin, sukses bikin saya jatuh cinta. Belum lagi wajah dan tatapan sendu So Ji Sub sebagai antagonis yang bikin merinding. Sedangkan aktor Jo Woo Jin, tampil memukau dengan peran  yang bakal bikin kamu terpingkal.

Hanya saja, dengan alur maju mundur yang seolah tak memiliki pembeda, mengharuskan penonton untuk memberi konsentrasi penuh terhadap film ini. Saya pun awalnya sempat agak bingung mengikuti alur cerita, dan baru ngeh saat sudah sampai di pertengahan film. Yang pasti kamu enggak akan kecewa begitu paham sama benang merahnya.


Jika kamu membutuhkan sebuah tayangan tentang alien yang segar dan menyenangkan, kamu harus banget nonton film yang satu ini.

Judul : ALIENOID

Sutradara : Choi Dong Hoon

Rilis : 27 Juli 2022

Produksi : Caper Film

Produser : 

Distributor : CJ E&M

Genre : Fiksi

Pemain : Ryu Jun Yeol, Kim Woo Bin, Kim Tae Ri, So Ji Sub, Yum Jung Ah, Kim Eul Sung, Jo Woo Jin, Kim Dae Myung

Score : 4,5/5

Tidak ada komentar