Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DECISION TO LEAVE : INVESTIGASI TERSELUBUNG SANG DETEKTIF

SINOPSIS 

Hae Joon, seorang detektif, ditugaskan untuk menangani kasus tewasnya seorang pria berusia 60 tahun yang jatuh dari gunung. Sebagaimana sebuah kasus kematian seseorang, penyelidikan selalu berawal dari kesaksian kerabat dekat. Dan dalam kasus ini, satu-satunya keluarga yang bisa dimintai keterangan adalah Seo Rae, perempuan asal Tiongkok yang juga merupakan istri sang korban. 

Penyelidikan Detektif Hae Joon mengharuskannya untuk melakukan pengintaian terhadap Seo Rae. Ia pun mulai mengikui rutinitas wanita itu, dari mulai keluar rumah sampai pada aktivitasnya sebagai relawan pengasuh para lansia. 

Namun Hae Joon perlahan menyadari bahwa kepribadian Seo Rae yang berani dan anggun, mulai membuatnya goyah. Meski pernikahannya terbilang bahagia dan baik-baik saja, namun kondisi yang mengharuskannya tinggal jauh dari yang istri, menjadikan hubungan antara deketktif dan terduga itu justru semakin dekat. Seo Rae bahkan bisa dengan leluasa datang dan menemani aktivitas Hae Joon di rumah. Mereka pun sempat melakukan perjalanan bersama.

Sementara penyelidikan terus berlanjut, hati Hae Joon yang condong, membuatnya mengabaikan bukti-bukti yang terus mengarah pada Seo Rae. Ia bahkan menutup kasus dan memutuskan pindah tugas ke Ippo, membuatnya tinggal bersama sang istri tentu akan membuatnya sadar kembali akan posisi profesionalnya. 

Di saat semuanya seperti berjalan kembali normal, Hae Joon kembali bertemu dengan Seo Rae yang telah menggandeng suami baru. Ia pikir bahwa itu adalah pertemuan terkahir mereka, hingga kemudian ia ditugaskan untuk menyelidiki kasus suami baru Seo Rae yang tewas.

ULASAN 

Film drama thriller yang juga membawa Park Chan Wook sebagai sutradara terbaik pada Festival Film Cannes 2022 berdurasi 138 menit ini, meski awalnya berjalan dengan lambat, namun tak membuat film ini jadi membosankan. 

Penyelidikan sang detektif puber dalam menyelidiki kasus dan upayanya untuk tetap profesional, membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan. Tang Wei yang berperan sebagai seorang istri korban yang tanpa ekspresi juga membuat penonton ragu dan tak bisa benar-benar memihak. Apalagi ia juga sangat cantik dan menawan. 

Sempilan humor terasa ringan dan tak dipaksakan, ia hanya hadir sebagai pelengkap, tidak dibebankan sebagai pemikat. Sebagaimana obrolan sehari-hari kita saja, sangat natural tapi tetap terasa lucu.

Namun untuk menonton film dengan rating 17+ ini, penonton perlu memberi konsentrasi penuh Teknik pengambilan gambar dan penceritaan yang melompat-lompat pada awalnya mungkin akan membuat kamu kebingungan, tapi jangan khawatir karena justru disinilah daya tariknya. Sang sutradara seolah ingin mengajak para penonton untuk ikut memecahkan kasus sang detektif. 

Dan tentu saja jangan lupakan scoring dan dukungan ost yang mantap menjadikan film ini makin memikat, meski aura muram memenuhi sepanjang durasi.


Judul : Decision to Leave

Rilis : 15 Juli 2022

Sutradara : Park Chan Wook

Produser : Go Dae Seok, Baek Ji Sun

Distributor : CJ Entertainment

Genre : drama/ thriller

Durasi : 138 menit

Pemain : Park Hae Il, Tang Wei, Lee Jung Hyun, Ko Gung Pyo, Park Yong Woo, Jung Yi Seo, Jung Young Sook, Lee Yong Nyeo

Score : 4,5/5

Posting Komentar untuk "DECISION TO LEAVE : INVESTIGASI TERSELUBUNG SANG DETEKTIF"