EMERGENCY DECLARATION : TEROR VIRUS MISTERIUS DI PESAWAT TERBANG


SINOPSIS


Jae Hyuk memutuskan membawa Soo Min, putri semata wayangnya, ke Hawaii demi menuruti saran dokter yang menangani penyakit eksim sang putri. Saat keduanya tengah antre, Soo Min pamit pergi ke kamar kecil. Namun karena antrean di toilet perempuan sangat panjang, Soo Min mengambil inisiatif pergi ke toilet pria yang sepi. Disana, secara tak sengaja ia melihat seorang pria dengan tindakan yang mencurigakan.

Merasa Soo Min pergi terlalu lama, Jae Hyuk pun pergi mencarinya. Ketika ia memanggil nama Soo Min di toilet pria, gadis itu pun langsung berlari ke arah ayahnya, menghindari pria dengan sikap yang mencurigakan.


Saat keduanya berjalan, pria mencurigakan di toilet itu mengejar mereka. Ia melontarkan pertanyaan-pertanyaan pribadi yang membuat Jae Hyuk tersinggung. Dengan raut wajah takut, Soo Min mengajak Jae Hyuk meninggalkan si pria mencurigakan itu.

Di pesawat, Jae Hyuk melihat pria mencurigakan itu di kursi baris depan. Namun ia berusaha untuk mengabaikan si pria.



Setelah pesawat lepas landas, Soo Min berniat pergi ke toilet dan ia kembali berpapasan dengan Ryu Jin Seok, pria mencurigakan yang ia lihat di toilet bandara. Jin Seok tersenyum pada Soo Min dan memintanya melanjutkan perjalanan ke toilet, namun seorang pria dari kelas VIP tiba-tiba menyalip keinginan gadis itu. Jin Seok kembali tersenyum dan berbisik pada Soo Min yang membuat gadis kecil itu segera kembali ke tempatnya.

Beberapa jam setelah pesawat lepas landas, penumpang mulai melaporkan gelaja aneh yang terjadi pada tubuh mereka, dimana mereka merasa demam, mengalami batuk, kulit gatal, dan melepuh. Tak lama kemudian seorang penumpang VIP yang tadi menyela Soo Min, berlari di sepanjang pesawat dengan kondisi bola mata pecah sebelah. Namun saat didekati, ia tiba-tiba saja meninggal.



Jae Hyuk yang curiga pada Jin Seok kemudian melaporkan pria itu pada kru pesawat. Co-Pilot Hyun Soo pun bergegas mengamankan Jin Seok tapi pria itu ternyata tidak bertindak kooperatif. Saat diinterogasi, ia berkelit dengan semua tuduhan.

Sementara di darat, Sersan In Ho tengah menyelidiki sebuah video ancaman yang tengah beredar. Meski teman-teman polisi telah meyakinkannya bahwa video itu hanya lelucon, In Ho seperti tak mau menerima hal itu. Hingga kemudian investigasinya membawa dia ke sebuah apartemen elit dengan mayat seseorang. Telepon dari seorang anonim juga menguatkan penyelidikan In Ho tentang video ancaman teror di pesawat yang tengah terbang.



In Ho harus bergegas menyelesaikan teror karena di antara 150 penumpang di pesawat itu, terdapat istri yang sering ia buat kecewa karena membatalkan liburan.

ULASAN

Meski memiliki durasi yang cukup panjang seperti film Korea Selatan lainnya, Emergency Declaration hadir dengan begitu gemilang. Meski alur film sepanjang 138 menit ini berjalan lambat, namun ia begitu menyentuh, membangkitkan rasa penasaran, sekaligus membuat gemas para penonton.

Han Jae Rim begitu sabar membangun ikatan para karakter dengan penonton. Soo Min sebagai korban perundungan di sekolah akibat penyakit eksim, Jae Hyuk sebagai pilot yang memutuskan pensiun akibat rasa bersalah karena kematian istri sahabat sekaligus pramugari pesawat yang ia kendarai, Hyun Soo sebagai seorang suami yang kehilangan istri akibat sikap keras kepala sahabat sekaligus rekan kerjanya, In Ho sebagai polisi yang berdedikasi tapi diliputi rasa bersalah karena sering mengecewakan istri, bahkan Jin Seok sebagai pelaku dengan masa kecil menyedihkan hingga membuatnya menjadi orang dewasa tanpa empati. Semuanya diramu dengam racikan khas sineas Korea Selatan yang dramatis dan mengharukan.



Kamu dijamin bakal menangis saat para penumpang meminta kru pesawat mengatakan bahwa mereka tidak akan mendarat demi melindungi orang-orang di darat yang mereka sayangi. Sementara para petinggi negara juga berada dalam dilema untuk mengambil keputusan menentukan nasib 150 penumpang pesawat.

Namun tak seperti film teror lain yang berorientasi pada pemenuhan hasrat duniawi dalam memperkaya diri alias uang, Emergency Declaration justru menghapus motif Jin Seok sebagai aktor antagonis di film ini. Ia hanya hadir sebagai pria aneh bersikap kasar sekaligus mencurigakan. Inilah yang membuatnya terlihat lebih berbahaya dari penjahat manapun, yaitu saat seseorang tak lagi membutuhkan motif untuk melakukan kejahatannya.

Judul : Emergency Declaration
Sutradara : Han Jae Rim
Rilis : 16 Agustus 2022
Genre : drama/thriller
Produksi :
Distributor :
Durasi : 138 menit
Pemain : Song Kang Jo, Kim Nan Gil, Lee Byung Hyun, Jeon Do Yeon, Im Si Wan, Kim So Jin, Park Hae Joon, Kim Bo Min, Hyun Bong Sik
Score : 4,5/5

Tidak ada komentar