Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali Ciri Jerawat Punggung Beserta Penyebabnya


Seperti yang sudah diketahui, bahwa jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit yang umum terjadi pada setiap orang. 

Selain di kulit wajah, jerawat juga kerap muncul di beberapa bagian tubuh lainnnya, seperti dada, leher, perut, hingga punggung. 

Berbicara soal jerawat di punggung, umumnya masalah ini sering dialami oleh kaum pria. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tubuh pria lebih banyak memproduksi keringat ketimbang wanita. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai ciri-ciri jerawat punggung, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini:

6 Tanda Jerawat Punggung

1. Adanya Komedo Putih

Pada dasarnya, jenis jerawat yang satu ini terbentuk dari pori-pori tersumbat akibat minyak berlebih, bakteri, serta sel kulit mati. 

Sesuai dengan namanya, komedo putih tampak terlihat seperti benjolan berukuan kecil yang berwarna putih. 

2. Komedo Hitam

Kebalikan dari komedo putih, komedo hitam tampil dalam bentuk benjolan kecil berwarna hitam dikulit akibat adanya penyumbatan folikel rambut. 

Komedo hitam juga lebih dikenal dengan istilah “blackhead”. Akan tetapi, komedo hitam tidak menimbulkan kemerahan dikulit maupun rasa sakit. 

3. Papula 

Tak seperti komedo, papula merupakan jerawat padat yang kerap muncul di bagian bawah kulit sehingga bisa menimbulkan rasa sakit. 

Umumnya, kehadiran papula akan membuat kulit disekitarnya terlihat kemerahan dan bengkak. Meski demikian, papula tidak memiliki titik nanah pada permukaan benjolannya. 

4. Pustula

Tak seperti papula, pustula merupakan jerawat yang didalamnya berisikan nanah. Seandainya di area punggungmu terdapat jerawat yang bernanah, segera periksakan dirimu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

5. Nodul

Apa itu nodul? Perlu diketahui, nodul adalah lesi jerawat yang muncul di bagian bawah permukaan kulit. Apabila tidak segera ditangani, maka lesi tersebut akan semakin keras dan membentuk benjolan yang lebih besar serta menyakitkan. 

6. Jerawat Batu

Jika dibandingkan dengan jenis jerawat lainnya, ukuran jerawat batu memang yang paling besar, lebih keras, memerah, dan menimbulkan rasa sakit. 

Berbagai Faktor Penyebab Munculnya Jerawat Punggung

1. Genetika

Faktor pertama yang mejadi penyebab dari munculnya jerawat di punggung, yakni genetika alias ketutunan. 

Menurut informasi yang didapat, anggota keluarga yang rentan berjerawat akan membuat seseorang menjadi rentan berjerawat juga. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena faktor keturunan dapat mempengaruhi kondisi kulit, terlebih respon inflamasi serta bagaimana kelenjar minyak akan bekerja. 

2. Adanya Gesekan

Selain keturunan, munculnya jerawat di bagian punggung juga bisa jadi dikarenakan adanya gesekan dengan baju maupun barang lainnya seperti tas punggung. 

Penggunaan tas punggung dapat memberikan tekanan di abgian punggung, sehingga jerawat akan muncul bahkan semakin bertambah banyak. 

3. Hormon

Menurut para pakar kulit, menyebutkan bahwa jerawat punggung dapat muncul ketika level hormon sedang tinggi, yakni berkisar 7 sampai 10 hari sebelum menstruasi. 

Kondisi tersebut dikarenakan adanya peningkatan hormon progesteron dalam tubuh yang telah menstimulasi produksi sebum (minyak). 

Disamping itu, hormon androgen pada tubuh wanita juga akan menstimulasi produksi sebum sehingga jerawat di punggung mulai bermunculan. 

Bahkan, kondisi jerawat di punggung akan semakin bertambah parah selama kehamilan maupun sesudahnya. 

4. Mengonsumsi Obat Tertentu

Setidaknya ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat menimbulkan jerawat di punggun akibat efek samping yang dihasilkannya. 

Jenis obat-obatan yang dimaksud diantaranya adalah antidepresan dan kortikosteroid. Apabila kedua jenis obat ini terus dikonsumsi, maka kondisi jerawat di punggung akan semakin parah. 

5. Kurangnya Memperhatikan kebersihan

Bisanya masalah ini sering dialami oleh wanita yang memiliki rambut panjang. Pasalnya, rambut kotor yang menjuntai berpotensi terjadinya gesekan dengan punggung sehingga minyak dihasilkan oleh rambut bisa memicu timbulnya jerawat. 

Adapun mengenai faktor lainnya adalah penggunaan pakaian yang sama setelah berkeringat, hingga penggunaan sprei atau handuk kotor.

6. Penggunaan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Tepat

Perlu diketahui, ada beberapa produk perawatan kulit yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di punggung. Ya, terlebih untuk produk kulit yang mengandung minyak. 

Maka dari itu, disarankan bagi kamu untuk menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.

7. Suasana Hati

Rasa cemas dan stress dapat meningkatkan produksi hormon kortisol di dalam tubuh. Nah, homon kortisol inilah yang menjadi penyebab meningkatkan produk minyak sehingga jerawat di punggung mulai bermunculan. 

8. Adanya Keringat yang Terperangkap

Faktor berikutnya yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di punggung, yakni adanya keringat yang terperangkap diantara kulit dan pakaan dalam waktu lama. 

Agar terhindar dari masalah jerawat di punggung, sebaiknya kamu cepat mengganti pakaian setelah berkeringat. 

Nah itulah Itu dia penjelasan singkat mengenai ciri-ciri jerawat punggung beserta penyebabnya. Untuk terhindar dari jerawat, Anda bisa menggunakan Dermies Clear Me Pimple Body Mist.

Posting Komentar untuk "Kenali Ciri Jerawat Punggung Beserta Penyebabnya"