Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malas Antre di Puskesmas? Daftar Online Aja


Sudah cukup lama saya tidak menggunakan layanan pengobatan di puskesmas, alasannya tentu karena memang tidak sakit. Apalagi dengan adanya kemudahan akses pengobatan oleh BPJS di rumah sakit, membuat saya lebih memilih untuk berobat di sana. Namun belakangan saya sempat membaca bahwa kini puskesmas menyediakan pendaftaran via online. Menurut pemahaman saya hal ini tentu akan berdampak pula pada waktu antre pasien di puskesmas. Benarkah? Jadi saya pun ingin membuktikan...

Karena saya tinggal di Depok, maka saya mengakses pendaftaran di sini

Dok. Pribadi


Setelah di klik, tampilan berikutnya adalah pilihan wilayah kecamatan. Saya pilih Kecamatan Cipayung.

Dok. Pribadi


Ternyata di Kecamatan Cipayung terdapat 2 puskesmas. Jadi saya memilih yang paling dekat dengan rumah, yaitu Puskesmas Cipayung.

Dok. Pribadi

Selanjutnya pilih waktu kunjung:

Dok. Pribadi


Pilih layanan yang ingin diakses. Ada 8 pilihan layanan pengobatan yang tersedia di Puskesmas Cipayung. Oiya untuk layanan kategori anak, dapat diakses hingga usia 17 tahun, ya.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Pilih Pasien Lama jika kamu sudah punya kartu berobat dari puskesmas, dan pilih Pasien Baru jika kamu belum punya kartu.

Dok. Pribadi

Ini adalah tampilan layar untuk pasien lama, lengkapi nomor KTP atau nomor Kartu Pasien, tanggal kunjungan, jenis bayar, dan nomor BPJS.


Dok. pribadi

Sedangkan ini adalah tampilan layar untuk pasien baru, isikan semua kolom dengan lengkap dan benar.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi



Setelah semua proses pendaftaran selesai, maka kamu akan mendapatkan nomor antre pendaftaran dan nomor antrean poli. Jika kamu mendaftar via ponsel, kamu cukup melakukan tangkapan layar (screenshot) dan membawa ponselmu saat melakukan daftar ulang di puskesmas. Namun jika kamu melakukan pendaftaran via PC, maka bukti ini harus dicetak.

Dok. Pribadi


Kamu juga bisa melakukan pendaftaran langsung di puskesmas dengan dibantu oleh seorang petugas, namun cara ini pastinya juga akan memakan waktu lama karena harus tetap antre.

Pada hari H pendaftaran, kamu cukup datang pada waktu yang sudah ditentukan lalu tunggu hingga nomor antrian kamu dipanggil oleh petugas untuk melakukan pendaftaran ulang. Setelah itu kamu bisa berpindah ke ruang tunggu poli yang dimaksud. Saya menghabiskan waktu 90 menit untuk menunggu sampai obat selesai diserahkan.

Jadi ga ada alasan untuk malas ke puskesmas kan?

2 komentar untuk "Malas Antre di Puskesmas? Daftar Online Aja"

  1. kucoba cari di google "daftar online puskemas jambi" malah muncul daftar nama-nama puskesmas di jambi, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. mgkn di Jambi belum tesedia ya layanan pendaftaran online? Berarti saya harus menambahkan link untuk cek nih hehheh

      Hapus