Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Donor Darah saat Pandemi COVID-19


Senin 21 Desember 2020, sepulang kerja saya tiba-tiba terpikir untuk melakukan donor darah. Semuanya tanpa rencana aja gitu. Setelah mencari informasi mengenai lokasi PMI Jakarta, saya pun meluncur bersama driver ojol dari Stasiun Cikini. Butuh waktu sekitar 10 menit sampai saya tiba di tujuan.

PMI Jakarta berlokasi di Jln. Kramat Raya RT 3/ RW 4, Kramat, Senen, Jakarta Pusat 10450 dan buka 24 jam setiap hari.
Suasana sore kala itu terbilang cukup ramai. Angin sore mengembuskan hawa sejuk dan ringan, lumayan buat mengurangi ketegangan di sana.

Loket pendaftaran donor darah

Ini pertama kalinya saya datang untuk donor darah secara mandiri ke PMI Jakarta karena sebelumnya saya melakukan donor darah di RS Fatmawati. Kalau kamu mau donor darah di PMI Jakarta juga, yuk simak terus ceritaku:

  1. Katakan tujuan kamu donor darah (mandiri/ tukar kantong) pada petugas di pintu masuk.
  2. Isi formulir calon pendonor lalu serahkan pada petugas di meja pendaftaran. Antrelah di kiri pintu gedung PMI Jakarta.
  3. Setelah kamu dapat nomor pemeriksaan, kamu bisa menunggu di kursi ruang tunggu. Duduklah pada kursi yang tidak beri tanda X.
  4. Setelah nomormu di panggil, lakukan pemeriksaan sesuai arahan petugas. Sebagaimana biasa, ada 2 langkah pemeriksaan sebelum calon pendonor dinyatakan lolos, yaitu : pemeriksaan HB dan tekanan darah. Untuk calon pendonor perempuan, batas HB yang disarankan adalah 12 sedang untuk calon pendonor pria adalah 12,5.
  5. Jika kamu memenuhi syarat donor darah, serahkan formulir tadi pada petugas di ruang donor darah. Petugas akan menyiapkan labu (kantong darah) untukmu.
  6. Berbaringlah sesuai arahan dari petugas. Buka tutup tanganmu selama proses donor darah agar labu lebih cepat terisi.
  7. Sebagai ucapan terima kasih, PMI Jakarta menyiapkan sedikit oleh-oleh untuk para pendonor yang isiinya 1 buah susu kotak, 1 buah juice kemasan, snack, 1 cup mie instan, dan beberapa kapsul multivitamin.

Meski pandemi COVID-19 belum reda, namun kebutuhan akan darah tak mengalami penurunan. Bahkan di beberapa linimasa disampaikan bahwa persediaan darah di PMI mulai menipis. Jadi jika sudah masuk jadwalmu untuk donor darah, jangan takut dan tetap ikuti protokol kesehatan ya.

Formulir calon pendonor

TIPS DONOR DARAH

Oiya, kalau kamu sering kali ditolak untuk donor darah dengan alasan HB yang rendah, saya punya tips nih supaya kamu juga bisa ikutan donor.
  1. Tidurlah dengan waktu yang cukup, minimal 6-7 jam sebelum donor.
  2. Makan bubur kacang hijau atau sari kacang hijau kemasan.
  3. Jangan lupa sarapan yang mengandung protein hewani.

Tips di atas selalu berhasil untuk saya, semoga kamu juga, ya.

Yuk donor darah!

Posting Komentar untuk "Donor Darah saat Pandemi COVID-19"