Sinopsis : The Possession of Hannah Grace, Gangguan Iblis Yang Mengincar Nyawa

Desember 06, 2018

Gambar bisa saja memiliki hak cipta

Megan Reed (Shay Mitchell) tengah mengatasi trauma akibat kematian rekannya sesama polisi. Ia terus mengalami ketakutan dan terpaksa keluar dari kepolisian. Kondisi Megan yang terus menghindar untuk bersosialisasi juga merusak hubungannya dengan sang kekasih, Andrew Kurtz (Gray Damon). Atas saran sahabatnya Lisa Roberts (Stana Katic) demi memulihkan keadaannya, Megan mengikuti sebuah perkumpulan rehabilitasi. Dengan bantuan Lisa pula, Megan mendapat rekomendasi untuk bekerja di Rumah Sakit Boston sebagai petugas kamar mayat.

Aktivitas Megan di kamar mayat berjalan lancar sampai ia mendapat kiriman jenazah lagi dari Randy (Nick Tune). Randy menjelaskan secara singkat riwayat jenazah sebelum menyerahkannya pada Megan, mereka tak sadar bahwa seseorang telah menyelinap ke dalam kamar mayat saat Megan meninggalkan tempat tugasnya dan membantu Randy.

Sepeninggal Randy, Megan memeriksa kondisi jenazah dan mengambil beberapa data untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kondisi jenazah rusak cukup parah; beberapa bagian tubuhnya memilki sayatan yang lebar dan bekas terbakar di lengan, sebagian wajah, dan tubuhnya. Aneh, mesin foto dan sidik jari tiba-tiba rusak dan tidak dapat digunakan. Megan akhirnya memutuskan untuk menyimpan jenazah di loker, lalu keanehan lain pun terjadi. Alat-alat forensik jatuh dan pecah ke lantai. Salah satu pecahan kaca dari botol itu sempat melukai tangan Megan.

Megan mendengar suara berisik dari lorong kamar mandi saat ia sedang mengobati luka gores di tangannya. Wanita itu terkejut saat melihat seorang pria berjaket hitam tengah membawa kantong jenazah yang baru saja ia terima. Perkelahian pun terjadi. Setelah memukul mundur musuhnya, Megan berlari ke meja kerja dan meminta pertolongan petugas keamanan. Saat Megan pergi, seseorang itu telah membawa jenazah ke atas meja kremasi. Perkelahian lain untuk memperebutkan jenazah pun terjadi. Pria berjaket itu berkali-kali mengatakan pada Megan bahwa jenazah itu harus dihancurkan sebelum akhirnya petugas keamanan membawanya pergi. Sedikit banyak, Megan sempat ragu saat mendengar penjelasan pria berjaket itu.

Mendengar sahabatnya mendapat serangan, Lisa datang menemui Megan. Ia juga menawarkan Megan untuk makan. Randy yang juga seorang petugas kepolisan, datang menemui Megan dan menawarkan bantuan padanya. Wanita itu kemudian meminta polisi itu untuk memeriksa sidik jari jenazah Hannah di kepolisian. Sayang saat Megan pergi menemui Randy, ia tak menyadari bahwa Dave yang menggantikan jaga di meja kerjanya tengah terancam bahaya.

Sebelum pergi meninggalkan Megan, Randy sempat menanyakan obat anti depresan miliknya yang hilang. Merasa tersudut, Megan marah dan menuduh Randy hanya ingin menyakitinya. Tak ingin menambah masalah, Megan memutuskan pergi.

Penasaran dengan identitas pria berjaket yang sempat menyerangnya, Megan berinisiatif memerika rekaman CCTV. Tak berharap banyak, Megan malah melihat hal-hal mengerikan di rekaman tersebut. Saat ia mengadukan kecurigaannya pada Lisa, sahabatnya itu tak sengaja melihat obat anti depresan di meja kerja Megan. Hal ini justru memicu pertengkaran kedua sahabat itu. Lisa yang kesal pergi ke tangga darurat untuk merokok. Itu lah kala di mana ia tiba-tiba berhadapan dengan jenazah Hannah yang dirasuki iblis.

Keanehan demi keanehan terus terjadi setelah kedatangan jenazah Hannah. Dan tak ada alasan apa pun mengapa dia menyerang orang-orang di sekelilingnya selain tujuannya untuk hidup kekal kembali dalam wujud manusia.

***

The Possession of Hannah Grace menjadi salah satu film horor bertema exorcis (kerasukan) yang ikut meramaikan layar biokop tanah air tahun ini. Setelah Hereditary yang melabeli diri sebagai film 'horor pintar' namun cukup membuat pusing karena jalan cerita yang melompat-lompat atau The Nun yang penuh jump scream, The Possession of Hannah Grace bisa jadi salah satu pilihan untuk membandingkan keduanya.

Terlepas dari beberapa scene aneh yang ada di film ini, seperti untuk apa Randy yang menyimpan anti depresan jika tidak sakit? Atau bagaimana Dave bisa turun ke kamar mayat tanpa diketahui Megan padahal alarm selalu menyala jika salah satu ruangan diakses? Atau kenapa Lisa merokok di tangga darurat? Atau kenapa petugas keamanan selalu bersikap tak ramah? Atau ehh bawel banget sih 😁 saya cukup terhibur dengan film ini.

Jujur saja, suasana rumah sakit yang enggak biasa udah berhasil ngebangun suasana horor. Bangunan rumah sakit modern dengan sistem penerangan yang sudah menggunakan sensor, kamar mandi yang bersih, akses masuk dengan ID Card, atau warna dinding nan natural justru makin meneguhkan kesan menyeramkan. Saya sendiri sempat berteriak beberapa kali hahahah

Judul                : The Possession of Hannah Grace
Rilis                 : 30 November 2018
Sutradara         : Diederik Van Rooijen
Produksi          : Screen Gems, Broken Road, Productions
Genre               : Horror
Produser          : Tood Garner, Sean Robins
Pemain             : Shay Mitchell, Gray Damon, Kirby Johnson, Stana Katic
Durasi              : 86 menit

My Score : 7/10

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.