Review The Lunchbox (2013) : Cinta Dalam Rantang Salah Sasaran


Untuk memperbaiki hubungan pernikahannya, Ila berniat mengirimkan makan siang ke kantor sang suami menggunakan layanan pengantaran terkenal di India, yang selama puluhan tahun tak pernah salah tujuan. Namun kemudian Ila mendapati kenyataan bahwa masakannya salah sasaran.

Seorang pria bernama Saajan Fernandes mengirimkan surat di dalam rantang kosong milik Ila. Tanpa mengucapkan terima kasih atas makanan yang nyasar itu, Saajan hanya mengatakan bahwa masakan Ila sedikit keasinan. Ila pun menceritakan hal ini pada seorang bibi yang tinggal di lantai atas apartemennya, yang kemudian memberi saran untuk menggunakan beberapa bumbu tambahan pada masakan Ila berikutnya. Dari sinilah Ila dan Saajan kemudian mulai berkomunikasi secara intens.


Ila adalah seorang ibu rumah tangga yang curiga terhadap sikap sang suami yang dirasakannya mulai berubah, sedangkan Saajan merupakan seorang akuntan yang telah lama hidup sendiri sejak kematian sang istri dan memutuskan untuk pindah ke kota lain setelah ia pensiun. Penasaran dengan sosok pria yang berhubungan dengannya itu, Ila kemudian mengajak Saajan untuk bertemu secara langsung. Namun sayang meski Saajan datang ke tempat pertemuan pada hari yang ditentukan, pria itu justru memilih bersembunyi dari pandangan Ila.


Keesokan harinya Ila kembali mengirimkan makan siang pada Saajan dan sebuah surat yang berisi tentang rencana hidupnya kedepan. Sebuah surat yang akhirnya membuat Saajan mengubah keputusan yang telah ia ambil sebelumnya.


The Lunchbox memberikan pengalaman baru tentang bagaimana kehidupan bermasyarakat di India berjalan. Tak hanya soal cinta, film ini justru berteriak lebih kencang tentang kepadatan penduduk, kesenjangan sosial, serta bagaimana seorang perempuan bertahan dalam sebuah kehidupan pernikahan. 

Gambaran tentang perempuan yang selalu dituntut untuk tampil sempurna, namun juga rentan terhadap kekerasan dalam ramah tangga, diceritakan begitu detail dalam film ini. The Lunchbox memang bukan sebuah kisah cinta romantis yang dihiasi oleh lagu dan tarian yang indah, ia justru membawa sebuah pengalaman menarik tentang perjalanan hidup yang dimulai dari makanan dalam rantang yang salah sasaran.


Judul              : The Lunchbox

Genre             : Drama

Rilis               : 20 September 2013

Durasi            : 105 menit

Sutradara       : Ritesh Batra

Produser        : Arun Rangachari, Anurag Kashyap, Guneet Monga, Karan Johar, Siddharth Roy Kapur, Merai Shaikh, Vikramiit Roy, Danis Tanovic

Produksi        : DAR Motion Pictures, UTV Motion Pictures, Dharma Productions, Sikhya Entertainment, NFDC

Distributor    : Walt Disney Studios Motion Pincures (India)

Pemeran        : Irrfan Khan, Nimrat Kaur, Nawazuddin Siddiqui

4 komentar

  1. The Lunchbox,jadi ini ceritanya bekal makan siang yang tak sengaja mengantarkanku kepada jodoh hahaha. Menarik ide ceritanya. Sebenarnya banyak kok film india yang bagus, berkualutas dan sarat akan esan moral. Bukan jenis film bollywood yang mengumbar jogad-joged. Tetapi film2 yang menggambarkan realitas sosial di India itu sendiri seperti kesenjangan sosial itu sendiri, rendahnya pendidikan, perdagangan manusia, dan sekelumit masalah sosial lainnya.

    Nice sharing mbak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhuhu terharu udah dikunjungi. iya mba betul, banyak film India yg bagus tp image yg terbentuk di sebagian orang langsung nuduh klo film India cuma joget2 aja

      Hapus
  2. Jalan cerita yg menarik, saya kalo nonton film india ga pernah jauh2 dari drama dan komedi, tampaknya ini bakal jadi list untuk weekend ini, terimakasib reviewnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabir Singh adl film India yg terakhir saya nonton di bioskop. Buat saya ceritanya juga bagus. Terima kasih sudah mampir

      Hapus