Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Space Sweepers : Mencegah Bumi dari Kehancuran

Netflix seolah enggak pernah kehabisan stok film bagus. Dari mulai drama, action, thriller, bahkan sampai sci-fi. Nah kali ini saya mau bahas salah satu film Korea Selatan yang berjudul Space Sweepers.

Sinopsis

Kim Tae Ho bekerja sebagai penyapu serpihan benda-benda antariksa di angkasa pada kapal Victory milik Kapten Jang setelah diberhentikan dari kesatuan keamanan luar angkasa bersama 2 orang rekan lainnya. Namun alih-alih mengumpulkan uang, kru Kapten Jang malah sering kali rugi karena harus membayar denda.

Keempat kru Victory yang sama-sama terobsesi dengan uang memilki latar belakang yang berbeda. Tae Ho bekerja keras mengumpulkan uang demi membayar jasa untuk melacak keberadaan sang putri yang terpisah dalam sebuah kecelakaan pesawat luar angkasa sebelum titik keberadaan sang putri menghilang selamanya. Robot terobsesi dengan uang demi membayar operasi kulit agar terlihat sebagai manusia, sering kali curiga dan akhirnya bertengkar dengan kru kapal yang lain. Tiger yang merupakan buronan teridana mati di Bumi, harus mengumpulkan uang agar dapat hidup di dunia baru yang biaya aksesnya sangat mahal. Sedangkan Kapten Jang mengumpulkan uang untuk mmebayar denda dan memperbaiki kapal kesayangan miliknya.

Sampai mereka bertemu dengan Dorothy, seorang bocah yang tersesat di angkasa dalam pesawat kapsul. Keempatnya mengetahui lewat saluran berita bahwa Doroty merupakan objek penelitian yang di dalam tubuhnya mengandung robot nano.


Seorang penelpon misterius bersedia memberi imbalan sebesar USD 2 juta untuk mengantarkan Doroty kembali ke laboratorium penelitian. Merasa memiliki jalan keluar atas semua permasalahan mereka, keempat kru Victory berjuang keras melindungi dan mengantarkan Dororty ke tempat yang diminta. Namun ternyata ada pihak lain yang menginginkan Doroty demi memuluskan rencana mereka menguasai bumi.

Ulasan

Space Sweepers merupakan film Korea Selatan pertama yang memiliki tema penjelajahan luar angkasa, sebuah ide cerita yang cukup menarik dan segar.

Pada bagian awal, plot film berjalan cukup lambat dan membosankan. Saya memerlukan waktu cukup lama untuk memahami situasi yang dialami oleh Tae Ho. Dimana ia digambarkan sering bolak balik nyogok petugas sebuah camp penyimpanan mayat demi mencari keberadaan sang putri yang hilang. Film ini juga tak menjelaskan secara tegas mengenai situasi bahwa benda-benda bumi di sana bernilai tinggi.

Namun adegan kejar-kejaran dan pertempuran luar angkasa cukup seru, lumayan bikin tegang gitu. Sedangkan drama ayah anak antara Tae Ho dan Soon Yi, juga berhasil bikin dada nyesek. Coba bayangin gimana sedihnya perasaan seorang ayah yang tiba-tiba harus  kehilangan putrinya? Dijamin nangis bombay dech di bagian ini..

Eits, bukan cuma itu. Drama yang terbangun antara Doroty dan kru Victory juga seru. Disini kita bisa melihat bagaimana perubahan karakter Tiger yang biasanya garang menjadi lebih lembut sekaligus menggemaskan di hadapan seorang bocah. Apalagi waktu dia hampir saja mengorbankan nyawa demi melindungi si kecil Doroty.

Hubungan antara kru Victory dan para space sweepers lain yang selalu saja ribut tapi bersedia saling bantu dalam melindungi Doroty, enggak cuma bikin haru tapi juga mengandung nilai moral. Emang ya, Korea Selatan pinter banget nyempilin pesan moral dalam setiap karyanya.

Kalau kamu udah nonton belum film Space Sweepers? Ceritain ya di kolom komentar pendapat kamu tentang film ini...

OK dech segitu dulu aja review film Space Sweepers dari orang awam kali ini, kita ketemu lagi di review film selanjutnya. Tetap semangat dan selalu sehat, bye bye..


Judul :Space Sweepers

Rilis : 5 Februari 2021

Sutradara : Jo Sung Hee

Produksi : Bidangil Pictures, Dexter Studio

Distributor : Netflix

Genre : Sci-fi

Durasi : 136 menit

Pemeran : Song Joong Ki, Kim Tae Ri, Jin Seon Kyu, Yoo Hae Jin, Park Ye Rin

Posting Komentar untuk "Space Sweepers : Mencegah Bumi dari Kehancuran"