Ngobrol Film Kabir Singh : Jatuh Bangun Sebuah Kisah Cinta

Juni 29, 2019

Gambar mungkin memiliki hak cipta
Kabir Singh, film romantis paling ditunggu tahun ini akhirnya rilis pada 21 Juni 2019. Dan karena ini adalah film Bollywood pertama yang saya tonton di bioskop, tentu aja bikin hati deg-deg-an sekaligus gembira hahaha
Sinopsis Film Kabir Singh


Gambar mungkin memiliki hak cipta

Kabir Singh (Shahid Kapoor) adalah mahasiswa kedokteran tingkat akhir paling berprestasi sekaligus bintang lapangan sepak bola di kampus. Sayangnya ia juga dikenal sangat keras kepala, temperamental, egois, dan sering terlibat perkelahian. Bahkan demi mempertahankan prinsipnya saat berselisih paham dengan Dekan, Kabir siap mengundurkan diri dari kampus. Hingga kemudian ia bertemu dengan Preeti (Kiara Advani), mahasiswa baru yang membuatnya jatuh cinta pada pandangan pertama.

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Tak ingin mendapat saingan dalam kisah cintanya, Kabir bahkan membuat pengumuman agar tak ada seorang pun pria yang mendekati Preeti. Kabir juga mengatur teman sekamar, teman sebangku, dan secara rutin membantu Preeti dalam pelajaran. Hal ini pelan-pelan membuat hubungan keduanya semakin dekat. Hingga Kabir kemudian memutuskan untuk tinggal bersama Preeti selama masa sisa kuliahnya. SEpasang sejoli itu begitu tampak saling mencintai dan bahagia.
Gambar mungkin memiliki hak cipta

Hingga 2 hari menjelang pernikahan Karan (Arjan Bajwa), kakak Kabir, Kabir datang untuk menjemput Preeti sekaligus membicarakan kelanjutan hubungan mereka dengan orang tua kekasihnya itu. Di luar dugaan, ayah Preeti justru mengusir Kabir. Tak ingin menyerah, Kabir datang lagi menemui ayah Preeti. Saat itu lah Kabir mengetahui bahwa Preeti telah dijodohkan dengan pria pilihan keluarga.  Kabir sakit hati lalu mengutuk Preeti akan menikah dengan pria pilihan orang tuanya. Tak kuat menahan kesedihan, Kabir bahkan melakukan percobaan bunuh diri yang menyebabkannya koma.
Gambar mungkin memilki hak cipta

Dua hari kemudian saat Kabir siuman, ia mengetahui bahwa Preeti telah menikah. Demi membunuh cintanya yang begitu dalam, Kabir membenamkan dirinya dengan minuman beralkohol, menghisap ganja, mengkonsumsi narkoba, dan merokok dengan aktif.

Gambar mungkin memiliki hak cipta

Kabir sudah jatuh terlalu dalam hingga tak ada yang percaya bahwa ia bisa bangkit dan melanjutkan hidup. Hingga sebuah kejadian yang mengancam lisensi dokter ahli bedah miliknya dibekukan dan ia tak rela. Dapatkah Kabir menemukan jalan untuk bangkit dan memperjuangkan cintanya pada Preeti?
Pendapatku setelah menonton..
Entah mengapa dalam beberapa tahun terakhir template film Bollywood sepertinya sudah mulai berubah. Tak hanya tampil lebih simple karena minim bahkan nihil tarian, kisah cintanya juga digambarkan lebih “bergairah”. Adegan-adegan romantis yang dulu tampak malu-malu kini mulai tampil lebih berani. Tak jarang para pemeran diceritakan hidup bersama sebelum menikah, seperti dalam Ashiqui 2 dan Paa, begitu pun dalam film ini. Meski tentu saja saya paham bahwa kemunculannya adalah untuk memberi peringatan agar jangan dilakukan.


Gambar mungkin memiliki hak cipta
Tokoh Kabir Singh adalah tipikal orang yang akan sangat dengan mudah diingat, dia begitu kasar, tak kenal takut, ugal-ugalan, tapi di luar dugaan juga sangat berprestasi, setia kawan, dan berkemauan keras. Sepertinya kita dapat menutup mata terhadap semua karakter buruk yang melekat dan bersiap jatuh cinta padanya.

Gambar mungkin memiliki hak cipta
Pertama kali mengenal Shahid Kapoor sebagai  pria kaya dan baik hati dalam film berjudul Vivah pada 2006, membuat saya cukup terkejut dengan perubahan karakter yang diperankannya kali ini. Aktingnya sebagai seorang pecandu terlihat begitu alami dan meyakinkan. Saya enggak bisa bayangkan jika tokoh Kabir diperankan oleh orang lain.
Gambar mungkin memiliki hak cipta








Dan meski bagi sebagian orang, durasi yang hampir menyentuh 3 jam terasa cukup berlebihan, namun bagi saya durasi panjang tersebut justru membuat semua konflik di film ini hampir selesai tanpa menimbulkan pertanyaan baru.  Terlebih dengan selipan backsound yang enak banget di telinga, saya enggak keberatan untuk menonton film ini lagi.
Judul                  : Kabir Singh
Genre                 : Drama
Rilis                    : 21 Juni 2019
Sutradara            : Sandeep Reddy Vanga
Produksi              : T-Series & Cine1 Studios
Produser             : Bhushan Kumar, Murad Khetani, Krishan Kumar, Ashwin Varde
Bahasa                : Hindi
Durasi                 : 172 menit
Pemain                : Shahid Kapoor, Kiara Advani, Arjan Bajwa, Suresh Oberoi, Nikita Dutta, Kamini Kaushai
Note:
Artikel ini juga telah dirilis di sini

You Might Also Like

25 komentar

  1. Ternyata ini film romance ya kirain film drama serius gitu. Jarang banget sekarang ada film romance bollywood yang ada adegan nari-nari di tamannya. Hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kangen zaman2 Sri Devi nari uler deh hehhe

      Hapus
  2. Dah lama gak nonton bollywood, seperti apa Shahid Kapoor jd seorang yg kasar, biasa juga dia memerankan pria lembut sesuai wajahnya yg cute 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg pasti tetep keren, Mbak. Macho banget adududu

      Hapus
  3. memang film bollywood agak bergeser sekarnag, udah minim tarian dan nyanyian, lebih mirip seperti film drama yang sering kita tonton, kayak drama Indonesia, Thai, atau korea

    Btw, saya ga tau dengan aktor Shadid Kappoor, saya taunya cuma aktor2 besar aja

    BalasHapus
  4. Kujarang nonton film India. Tapi baca ini kok jadi penasaran yah? ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali boleh dimasukan dlm list utk nonton nih mba hehhe

      Hapus
  5. Dulu aku doyan kali nonton film bollywood, tapi makin ke sini, semakin hilang selera, mungkin karena terlalu romance kali ya. hehe.. beda dengan drakor, yg semakin ke sini, semakin kece sudut ceritanya, juga hal2 kecanggihan yg diperlihat drakor bikin meungap-meungap kita nontonnya, wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya baik daei segi CGI dan cerita film India sudah lebih berkembang. Hanya saja kurang dapat eksploitasi media aja heheh

      Hapus
  6. Entah kenapa saya jadi berpikir, karena ingin menyaingi Hollywood, film-film Bollywood sekarang jadi lebih bervarian dan mengadopsi budaya-budaya Barat ke dalam jalan ceritanya. Mungkin itu sebuah pendekatan untuk menjangkau lebih banyak penonton kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi jg, Mas. Saya juga mikirnya kesana

      Hapus
  7. Apakah ini benar-benar film romantis seperti kebanyakan film-filmnya Yash Chopra?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga terlalu romance sih, ada berantem2nya juga. Btw ini film by Sandeep

      Hapus
  8. Aku jarang nonton fil India. Baca review film Kabir Singh ini, ceritanya lebih kekinian drpd film2 India yg pernah kutahu. Hanya saja para pemerannya menurutku wajahnya agak dewasa utk ukuran mahasiswa (tingkat akhir sekali pun).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shahid Kapoor memang udh ga muda lagi sih hahahha

      Hapus
  9. India aku suka sama film genre action... sudah jarang nonton yg genre romanse

    BalasHapus
  10. Paling anti nonton film India ke bioskop. Kayaknya mubazir waktu aja gitu hehe. Mending nonton film yg lain. Eh tapi mendadak gegara baca ini jadi pengen nonton ke bioskop langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang udh ga diputer lagi. Mungkin bisa nonton di layanan streaming aja nanti

      Hapus
  11. Ternyata aslinya imut banget ya pemeran utama cowoknya, kalau ngga pakai brewok..film India sekarang berbeda ya..

    BalasHapus
  12. Hikmah dari film ini mungkin perlu juga diangkat mbak. Agar pembaca paham, kenapa film ini direkomendasikan atau tak direkomendasikan. Udah lama saya ga nonton film India. Dulu sih suka nonton nemenin mama. Sekarang udah ga pernah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahhh siap, Bu. Lain kali akan lebih diperhatikan. Terima kasih

      Hapus
  13. Kalau lihat trailer-nya, sering ditampilkan adegan minum, merokok, perkelahian, dan adegan mesra. Cita rasanya emang sudah Hollywood. Mungkin pansa pasar Bollywood sekarang sudah semakin meluas juga, sehingga nggak sekadar menampilkan kisah dengan kultur India saja. Mungkin juga karena sebagian orang muda India seperti itu kehidupannya saat ini.

    BalasHapus
  14. Benar..film india mulai banyak bergeser..baik ke jalan cerit Ataupun budaya..
    Baca ulasan ini.. Sptnya filmnya sendu ya mb..heheh..

    BalasHapus
  15. Film India yang terakhir di tonton. Rab Ne Bana Di Jodi, setelah itu ga pernah ikuti ttg film Bollywood lagi. Hehehe

    BalasHapus

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.